11 January 2010

Karyawan Indosiar Berunjuk Rasa

Press Release

Ratusan anggota Serikat Karyawan Indosiar (SEKAR) berencana menggelar aksi massa besok Senin (11/1). Aksi tersebut merupakan rangkaian perjuangan yang dilakukan guna memperjuangkan tuntutan kenaikan upah. Sebelum ini SEKAR telah beberapa kali mengupayakan forum penyelesaian melalui jalur dialog dengan pihak menejemen. Namun respon yang diberikan nampaknya belum sesuai dengan harapan.

Pihak menejemen menolak untuk mengabulkan tuntutan dengan dalih kondisi keuangan terus merugi sejak beberapa tahun terakhir. Tapi alasan itu dinilai mengada-ada. SEKAR menduga sebagian keuntungan dialihkan untuk mengembangkan bisnis yang lain. Tuntutan kenaikan upah dilatarbelakangi oleh kondisi pengupahan yang tidak pernah berubah sejak 5 tahun lalu. Padahal, inflasi terus berlangsung yang berakibat kenaikan harga barang dan penurunan daya beli karyawan.

Persoalan ini juga telah dilaporkan SEKAR kepada Menteri Tenaga Kerja, Muhaimin Iskandar hari Kamis lalu. Dalam kesempatan itu, Muhaimin berjanji akan memfasilitasi proses penyelesaian dan mengefektifkan fungsi pengawasan. Janji Muhaimin rupanya bukan cek kosong. Selang beberapa jam, Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Barat mengundang SEKAR dan pihak menejemen untuk memediasi sengketa kepentingan itu di kantor Indosiar, Jl. Damai.

Undangan tersebut mulanya diladeni sejumlah pengurus SEKAR. Namun belakangan mereka tolak karena proses mediasi yang difasilitasi petugas Sudin Tenaga Kerja cenderung memihak menejemen. SEKAR pun memilih balik kanan. Isu aksi massa ini juga ikut menyita perhatian Kepolisian Daerah Metro Jaya. Dicky, selaku Ketua SEKAR, diundang oleh Direktorat Intelejen dan Keamanan dan menghimbau untuk membatalkan aksi tersebut. Tapi himbauan itu ditolak.

SEKAR sepakat terus melanjutkan aksi mereka dan memobilisir ratusan anggotanya mengikuti aksi demonstrasi di Jl. Damai, Jakarta Barat besok Senin (11/1) pada pukul 08.30 WIB. Aksi akan dilanjutkan ke Wisma Indocement pada pukul 10.00 WIB.

No comments:

Post a Comment

Program

Program