02 December 2009

Pameran Cergam 2009: Merekam Kebangkitan Komik Indonesia

Press Release

Tidak dikenal di negara sendiri, begitulah nasib perkomikan Indonesia. Masyarakat lebih mengenal komik-komik luar negri seperti dari Jepang atau Amerika. Tapi itu dulu! Kini sejak tahun 2000an, semakin banyak terbentuk komunitas-komunitas komik yang produktif menerbitkan karya-karya mereka, baik secara independent maupun melalui penerbit resmi.

Gerakan-gerakan mereka ini mungkin tidak banyak diketahui masyarakat luas pada umumnya. Namun ditengah berbagai kesulitan, mereka terus berkarya secara konsisten untuk memajukan perkomikan Indonesia.

Komunitas Pengumpul Komik Indonesia (Pengki), Komunitas Penerbit Komik Indonesia (KPKI), dan Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional (Perpustakaan Depdiknas) ingin mengajak masyarakat luas untuk menjadi saksi sekaligus pelaku dalam momen bangkitnya komik Indonesia ini. Atas dasar itulah maka kami menyelenggarakan Pameran Cergam dengan tema “Komik Indonesia Bangkit!”

Acara dibuka pada hari Rabu (2/12) di Perpustakaan Depdiknas oleh tiga pihak yang memiliki peran cukup strategis dalam dunia perkomikan. Mereka adalah Fabianus K. (Pengki) mewakili penikmat komik Indonesia, Gerdi W.K. (Komikus) sebagai salah satu kreator komik Indonesia, dan Drs. Muhadjir, M.A. (Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional RI) mewakili pihak pemerintah yang ingin mendukung kemajuan komik Indonesia, terutama sebagai media pendidikan dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia.

Pameran Cergam itu sendiri berlangsung tanggal 1-12 Desember 2009 (senin-sabtu) di Perpustakaan Depdiknas. Selain memamerkan karya-karya komikus Indonesia, kami juga bersama CerGam Center akan mengadakan workshop Comic For Everyday untuk anak dan remaja (usia 9-18 tahun) di hari Jumat – Sabtu (11/12 - 12/12). Kemudian di akhir acara (12/12) akan ada peluncuran komik Gina karya Gerdi W.K.

Pameran Cergam merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Komik Indonesia yang akan diselenggarakan pada 26-28 Februari 2010 di Pasar Festival (Kuningan, Jakarta). Festival Komik Indonesia akan menjadi ajang perayaan komik dengan tema “Berani Ngomik!”. Dalam Festival ini kami mengajak masyarakat untuk berani berkarya melalui komik dan turut dalam barisan membangkitkan perkomikan Indonesia. Festival Komik Indonesia akan diramaikan dengan acara bursa dan pameran komik, talk show, lomba-lomba, temu penggemar dan book signing, peluncuran komik, putar film dan hiburan.

No comments:

Post a Comment

Program

Program