28 August 2009

Menikmati Film di Tengah Kebun

Press Release

Prancis memperlakukan film sebagai karya seni daripada sekedar hiburan. Festival dan pemutaran film selalu diadakan di pusat-pusat kebudayaan Prancis di Indonesia, termasuk CCCL Surabaya. Pada 1 - 15 September 2009 yang bertepatan dengan periode Ramadhan, di kebun CCCL, kami memutar film setiap hari Senin hingga Jumat malam, pk. 20.00, menyesuaikan dengan aktivitas pada bulan Ramadhan, dalam program bernama ‘CinéRamadhan’. Acara terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.


Program Ciné Ramadhan telah memasuki tahun ke - 5 dan kali ini akan menyajikan film-film panjang dan pendek asal Prancis dan Indonesia, untuk publik pecinta sinema. Beberapa film memenangkan berbagai penghargaan dari festival film, sehingga semakin menarik untuk diapresiasi.

Acara berlangsung mulai minggu kedua Ramadhan dan hampir selama tiga minggu digelar tema yang berlainan. Pada Minggu I : “Kisah-Kisah Pertemuan”, menampilkan film Prancis yang beberapa di antaranya pernah diputar pada Festival Sinema Prancis di Indonesia beberapa tahun lalu dan satu diantaranya, De battre mon coeur s'est arrêté, memenangkan festival film bergengsi di Prancis, César Awards sebagai Best Cinematography, Best Director, Best Film. Film-film pendek dan animasi asal Prancis dan Indonesia akan ditayangkan pada pada Minggu II : “Pendek Bertemu”, bekerja sama dengan Independen Film Surabaya (Infis).

Dua film panjang asal Prancis pemenang festival akan akan tayang pada Minggu III : “Festival de Festival” yaitu Les Mauvais Joueurs, peraih penghargaan Berlin International Film Festival 2005. Yang kedua, film animasi La Prophétie des Grenouilles, yang memenangkan penghargaan Crystal Bear - Special Mention di Berlin International Film Festival 2004, Adult's Jury Award di Chicago International Children's Film Festival 2004 dan Grand Prize di Ottawa International Animation Festival 2004. Sebuah fabel yang menggugah, mengadaptasi kisah kapal Nuh. Menghadapi peristiwa yang mengancam sebagian besar makhluk hidup, katak-katak memutuskan untuk meretas harapan lama akan kemasabodohan manusia.

Info film/jadwal pemutaran lebih lengkap, silakan hubungi Krishna : 081 331 487 498.

No comments:

Post a Comment