01 June 2010

Cara mengenang pahlawan gaya Amerika

Maya Mandley, New Jersey

Seperti halnya setiap negara (termasuk Indonesia), Amerika juga punya hari Pahlawan yang disebut Memorial Day. Acara itu diperingati setiap Senin, pada minggu terakhir bulan Mei.



Untuk tahun ini, Memorial Day jatuh hari Senin (31/5). Selain moment untuk mengenang prajurit yang gugur dalam medan tempur, Memorial Day juga dianggap sebagai hari libur nasional sebagai tanda datangnya musim panas.

Otomatis di setiap minggu terakhir bulan Mei, warga Amerika memperingati hari libur panjang selama 3 hari. Udara panas yang tidak setiap hari bisa dinikmati, membuat warga Amerika sangat memanfaatkan mandi sinar matahari di luar dengan menggelar barbeque party. Begitu juga Aku! :)

Makanan yang tersedia, biasanya campuran makanan tradisional negara asal penduduk imigran (seperti Indonesia) dan Amerika. Untuk anak-anak, inilah saat bermain bola di halaman belakang bersama orang tua. Begitu juga penduduk dewasa yang tidak mau kalah. Bagi imigran Indonesia, bulu tangkis menjadi permainan favorit.

Di hari Memorial Day, pemerintah kota menggelar parade yang diikuti segenap unsur masyarakat. Mulai dari marching Band SMA dan club marching band lain, pemadam kebakaran, club sejarah, club Pramuka, bahkan moment inipun dimanfaatkan politikus lokal untuk berkampanye.

Karena parade ini dilakukan di jalan, otomatis jalan utama kota ditutup sementara untuk kegiatan ini. Polisi juga dikerahkan untuk mengamankan parade. Warga sangat antusias menunggu parade lewat. Selama parade, peserta parade juga ada yang membagi-bagikan bendera kecil, permen untuk anak-anak, bahkan brosur untuk mendukung salah satu calon politikus.

Tayangan TV juga diwarnai tayangan yang bersifat patriotisme. Seperti marathon film-film bertema perang. Taman Makam Pahlawan juga ramai dikunjungi. Gedung Putih, kantor Barack Obama, juga menggelar upacara, dan last but not least, pantai juga mulai ramai dikunjungi.

Libur Memorial Day adalah awal datangnya musim panas. Yang berarti masyarakat Amerika bisa menikmati pantai lagi dan lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Happy Memorial Day, American!

1 comment:

  1. Anonymous12:50 am

    Amerika boleh melakukan apa pun yang mereka mau. Dan aku tidak perduli soal itu,..

    ReplyDelete

Program

Program