30 August 2009

Pelempar Sepatu Bush Akan Bebas Lebih Cepat

Iman D. Nugroho/yahoonews


Jurnalis Irak yang juga pelaku pelemparan sepatu ke arah mantan Presiden AS George W. Bush, Muntadhar al-Zeidi akan bebas bulan depan. Tepatnya pada 14 September 2009. Bebasnya Muntadhar al-Zeidi ini sebulan lebih cepat dari rencana vonis pengadilan Irak yang mengganjarnya satu tahun penjara. "Karena perilaku Muntadhar al-Zeidi selalu baik saat dirinya ada di dalam penjara," kata Karim al-Shujairi, sang pengacara.


Peristiwa pelemparan sepatu kepada mantan Presiden George W. Bush itu terjadi pada 14 Desember 2008. Saat itu, Bush sedang melakukan jumpa pers terakhir atas kunjungan terakhirnya di Irak, didampingi Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki di Baghdad, Iraq. Saat press conference itu berlangsung, Muntadhar yang saat itu berumur 30 tahun, tiba-tiba maju, mencopot sepatunya dan melemparkan ke arah Bush.

Suasana sempat tegang ketika itu. Peristiwa yang berlangsung begitu cepat, membuat pihak keamanan tidak sempat melakukan antisipasi. Beruntung, dua lemparan yang dilakukan Muntadhar tidak mengenai Bush yang dengan cekatan berkelit. Muntadhar dianggap sebagai pahlawan, karena berani mengekspresikan kemarahan dan kesedihan warga Irak akibat operasi militer AS dan sekutunya di wilayah itu.

*source: AP via yahoonews

No comments:

Post a Comment

Program

Program