07 August 2008

Menlu Inggris Kecewa

Press Release

Menyusul tanggapan Iran terhadap surat tertanggal 14 Juni 2008 yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri negara-negara E3+3, Menteri Kantor Persemakmuran Departemen Luar Negeri Inggris Dr Kim Howells mengaku kecewa.


'Kami kecewa bahwa Iran telah gagal memberikan tanggapan positif kepada Javier Solana atas paket dermawan yang ditawarkan oleh E3+3. Menanggapi respon yang mengecewakan ini dan Iran telah gagal memenuhi tenggat waktu yang tercantum di Resolusi DK PBB 1803 untuk menghentikan program pengayaan nuklirnya, negara-negara E3+3 telah menyepakati bahwa kontak informal antara Solana dan Jalili akan dilanjutkan, kami saat ini tidak memiliki pilihan selain menjatuhkan sanksi-sanksi lebih jauh terhadap Iran, sebagai bagian dari strategi jalan ganda kami.

'Iran memiliki sebuah pilihan jelas: bekerjasama atau isolasi. Kami menyesali that para pemimpin Iran tampaknya telah memilih isolasi. Paket negara-negara E3+3 mencantumkan segala hal yang harus dilakukan oleh Iran untuk sebuah program tenaga nuklir sipil yang modern, yang diakui oleh para pemimpin Iran adalah tujuan mereka, sebagai tambahan terhadap bantuan ekonomi, pendidikan dan sains. "Jika Iran tetap menolak untuk berunding, hal ini hanya akan meningkatkan tekanan internasional terhadap Iran," katanya.

Pengirim:
Faye Belnis
Head of Press & Public Affairs Section British Embassy Jakarta

No comments:

Post a Comment

Program

Program