17 May 2010

Weesp, salah satu pertahanan terluar Amsterdam

Iman D. Nugroho (text/photo), Jacko Agun (video) Weesp



Sejak jaman pertengahan, Weesp sudah menjadi daerah yang penting di Belanda. Di kota ini, Amsterdam menempatkan salah satu pertahanan terluar dari serangan musuh. Masa berganti, kota ini pun seperti dilupakan. Mc Donalds pun tak ada di pusat kota.

Kastil Muiderslot adalah salah satu benteng pertahanan itu. Kastil yang namanya diadopsi dari bahasa Jerman "mui" atau mulut itu memang berada di mulut sungai Vecth dan kanal Rhine.

*Benteng dan meriam yang banyak tersebar di Weesp.

Hingga kini, kastil yang dibangun pada tahun 1280 ini masih tegak berdiri dan menjadi salah satu museum andalan kota Weesp. Bersama beberapa benteng kecil yang juga tersebar di sekitar sungai Vecth, terangkai sejarah heroik kastil dan benteng yang berjasa sebagai alat pertahanan.

Selain kastil dan benteng, kota berpenghuni 18 ribu jiwa ini juga dikenal sebagai kota kecil yang banyak memiliki jembatan di atas kanal. Jembatan ini bisa terbuka dan tertutup bila perahu berukuran besar melintas di bawahnya.

Dan yang tidak ketinggalan adalah Kincir Angin tradisional khas Belanda, yang juga banyak tersebar. Dahulu, kincir angin itu digunakan sebagai salah satu penggerak generator pengatur air kanal. Jaman juga yang membuat kincir angin itu menjadi peninggalan sejarah kota tempat coklat Van Houten diciptakan itu.

| republish | Please Send Email to: iddaily@yahoo.com |

No comments:

Post a Comment

Program

Program