13 October 2009

ITS Juara Umum Tiga Dalam Gemastik 2009

Press Release

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mengukir prestasi. Kali ini dengan keberhasilan meraih Juara Umum III dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (geMasTIK) II 2009 yang berlangsung di Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Bandung, pekan lalu. Hasil ini dicapai berkat raihan satu emas, dua perak dan dua perunggu.


Gemastik sendiri merupakan program kompetisi kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional RI. Kompetisi ini difungsikan untuk meningkatkan kualitas sivitas akademika berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, khususnya mahasiswa. Sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan teknologi informasi dan komunikasi, serta pemanfaatannya di Indonesia.

Pada gelaran Gemastik kedua ini, ITS meraih emas lewat kompetisi Application Contest, dua perak di kompetisi Smartware Student Contest dan Bussines Game Contest, serta dua perunggu pada kompetisi Application Contest dan Smartware Student Contest. Raihan ini jauh lebih baik daripada tahun lalu, di mana ITS hanya mampu merebut 1 perak dan 1 perunggu dari Smartware Student Contest.

"Melihat hasil yang diraih ini, kita harusnya bisa meraih prestasi lebih baik lagi di tahun depan," terang Ir Bambang Setiawan, Pembantu Dekan III FTI ITS. Bambang mengatakan banyak potensi mahasiswa ITS yang belum terlibat di ajang Gemastik ini. Terutama di cabang Mining Contest dan Network Security Contest, di mana pada tahun ini tidak ada mahasiswa ITS yang masuk babak final. Terutama untuk mahasiswa dari jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Statistika, dan Matematika.

Sementara itu, lanjut Bambang, pada cabang Business Game Contest pihaknya akan berupaya meningkatkan peserta dari jurusan Teknik Industri, karena bidang ini harusnya sangat dikuasai mahasiswa jurusan Teknik Industri dan berpotensi menjadi lumbung prestasi bagi ITS.

Oleh karena itu, pihaknya akan berupaya meningkatkan kesiapan mahasiswa ITS dalam ajang Gemastik mendatang. Yakni dengan menyiapkan pembinaan yang lebih baik dan terorganisir, lewat ajang Gemastik lokal ITS. Apalagi Gemastik tahun 2010 akan berlangsung di Jawa Timur, dan ITS akan menjadi salah satu calon kuat tuan rumah bersaing dengan Univesitas Brawijaya, Malang. "Penentuanya akan diadakan dalam waktu dekat, setelah Dikti melakukan visitasi di ITS dan Universitas Brawijaya," ujar Bambang.

No comments:

Post a Comment

Program

Program