22 November 2008

"Reinkarnasi Buddha" Kembali Menjadi Bahan Pembicaraan

story and picture by Yahoonews

Anak laki-laki yang oleh pengikutnya dipercaya sebagai reinkarnasi Buddha, Ram Bahadur Bomjam (18) kembali menjadi bahan pembicaraan. Remaja yang dikenal dengan sebutan Buddha Boy itu diberitakan kembali ke hutan wilayah Nepal, setelah sebelumnya mengasingkan diri selama tiga tahun di sebuah banker bawah tanah. "Bomjam sudah kembali ke dalam hutan," kata polisi Katmandhu.


Nama Ram Bahadur Bomjam menjadi terkenal pada tahun 2005 setelah dia berhasil melakukan ritual layaknya Sidharta Gautama hingga menjadi Buddha dengan meditasi selama berbulan-bulan tanpa makan, minum dan tidur. Meski hal itu banyak diragukan, namun tetap saja ada yang mempercayainya sebagai sosok yang suci.

Presiden pusat Buddha untuk studi dan penelitian di Kathmandu, Dewan Nepal Buddha, Mahiswor Raj Bajracharya adalah salah satu yang meragukannya. Menurut Bajracharya, Ram Bahadur Bomjam dan pendukungnya adalah kelompok penganut yang tidak kredibel. "Kami tidak percaya ia adalah Buddha. Dia tidak memiliki mutu yang sama dengan Buddha," kata Mahiswor Raj Bajracharya.

Meski begitu, Bajracharya mengatakan, ada kemungkinan Bomjam telah mencapai ketinggian meditasi, tetapi hal itu tidak begitu saja membuat dia menjadi Buddha. "Sebuah pengalaman Buddha kebutuhan hidup, manusia muda yang belum terlihat di seluruh dunia tidak dapat menjadi Buddha," kata Bajracharya.


No comments:

Post a Comment

Program

Program