18 January 2011

Membuat musik di dalam kamar

Oleh: Kokoh Yanuar

Menyulap sebuah kamar menjadi studio rekaman musik, itulah tema yang akan kita bahas saat ini.


Pertama jangan membayangkan sebuah studio yang mahal dengan peredam lantas kita bangun didalam kamar kita, karena yang kita butuhkan hanya sebuah komputer dan speaker saja. sungguh diluar yang kita bayangkan.

Bila anda punya cukup waktu, cobalah mengunjungi studio rekaman profesional terdekat, kemudian amati peralatan yang terdapat didalam room controlnya, pasti akan anda menjumpai sebuah CPU.

Meskipun biasanya terdapat banyak varian tambahan seperti mixer,rack effect,flat speaker,dll. perlu anda ketahui bahwa CPU itulah yang menjadi sebuah kunci mati sebuah studio rekaman saat ini. Disanalah sebuah software perekaman bekerja untuk merekam, memproses, hingga menjadikannya sebuah CD audio/WAV/mp3/dll.

kesimpulannya adalah dengan mengambil CPU tersebut dan meletakkannya didalam kamar pribadi kita, dengan sesuka hati kita dapat membuat musik yang kita inginkan. Membongkar software apa saja yang terdapat di CPU Studio rekaman profesional

Spesifikasi CPU

Untuk mencukupi kebutuhan standar rekaman didalam CPU baiknya memiliki spesifikasi Pentium IV atau setara; Hard Disk Drive 80GB; Memory 512GB; DVDcombo; dengan Operating System Windows XP Profesional dan ingat bahwa tersebut diatas merupakan spesifikasi standar, bila CPU anda lebih dari itu semakin bagus. (akan menjumpai kendala dengan OS Windows vista, seven, linux).

Software

Untuk software perekaman standar studio profesional yang memiliki tambahan plugins (sample suara instrumen) hingga ribuan adalah Nuendo; cubase; Studio One. anda dapat memilih salah satu dari pilihan tersebut.

Untuk suara instrumen drum, bass, piano, biola, gitar, terompet, dan lainnya anda dapat menginstal software tambahan (plugins) seperti hypersonic, sample tank, kore, kontakt, halion one, dll. Perlu anda ketahui bahwa untuk software ini, anda dapat menginstal mereka semua kedalam CPU anda.

No comments:

Post a Comment

Program

Program