06 January 2011

Logika Demokrasi, Rakyat Mengendalikan Negara

Merphin Panjaitan | Buku | Walau pun tatanan kenegaraan kita telah disepakati sejak awal adalah negara berkedaulatan rakyat, tapi kita belum lama menerapkannya. Demokrasi dibutuhkan dan disukai, sayang, penerapan menghadapi banyak hambatan dan gangguan.


Meski demokrasi telah diterapkan lebih dari 10 tahun, ketimpangan ekonomi masih besar. Korupsi merajalela, dan ketidakadilan terjadi di semua bidang kehidupan. Melalui buku ini, saya menawarkan beberapa gagasan yang diperlukan dalam kehidupan kemasyarakatan dan kenegaraan.

Diawali dengan memuat berbagai kemajuan yang telah dicapai setelah reformasi, terutama kemajuan di bidang politik, dan juga berbagai permasalahan di Bab I, berlanjut dengan diskripsi martabat manusia. Kemudian dilanjutkan dengan “kebaikan bersama” bagi rakyat seluruhnya,

Bab-bab selanjutnya, membahas penerapan martabat manusia dalam cara dan tujuan demokrasi, dalam upaya mewujudkan kebaikan bersama bagi rakyat. Berbagai gagasan untuk penanggulangan permasalahan bangsa. Antara lain: penegakan keadilan, penghapusan kemiskinan struktural, perluasan lapangan kerja, pemberantasan korupsi hingga penghentian Ujian Nasional.

Pada Bab X, berisi kesimpulan sekaligus harapan,dan perjuangan yang diperlukan demi kehidupan yang lebih demokratis, adil, dan lebih maju, sesuai dengan martabat manusia. Saya berharap, banyak warga masyarakat yang berminat belajar demokrasi membaca buku ini.

Buku yang baru terbit ini adalah buku ketiga saya. sejak menjadi dosen tetap di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia (UKI). Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Program

Program