22 February 2010

Panggung Bagi Komik Indonesia

Press Release

Selama seminggu penuh, dari tanggal 22 Februari hingga 28 Februari, akan dilangsungkan Festival Komik Indonesia di Pasar Festival, Kuningan Jakarta. Acara ini akan dibuka secara resmi pada tanggal 23 Februari 2010 pk 14.00 oleh Fabianus Koesoemadinata (pengamat komik) dan Gerdi Wiratakusuma (komikus senior, pencipta tokoh Gina) di panggung area foodcourt Pasar Festival.

Di Festival Komik Indonesia ini, kami akan menyajikan arena bagi komik-komik Indonesia untuk tampil dan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri, tidak lagi hanya sekedar pemanis belaka, atau berada di pinggir panggung, tidak lagi tenggelam atau ditenggelamkan di dunia perkomikan.

Masyarakat Indonesia banyak yang belum mengenal sejarah bangsanya sendiri, atau budaya dan alamnya sendiri. Begitu pula dengan komik dari negerinya sendiri. Padahal banyak sekali komikus dan illustrator Indonesia yang sangat berbakat akan tetapi lebih dikenal di luar negeri ketimbang di Indonesia.

Festival Komik Indonesia hadir untuk memberi ruang dan waktu lebih banyak bagi komik-komik Indonesia untuk dapat dikenal, sekaligus sebagai wujud apresiasi kami terhadap komik Indonesia yang tidak pernah lelah berkarya di negerinya sendiri mulai dari Si buta dari Goa Hantu, Panji Tengkorak, Mahabrata, Bharatayuda, hingga generasi baru seperti Benny-Mice, Mat Jagung, Lotif, dan lain sebagainya. Semua akan mendapat tempat di acara ini. Bahkan Hans Jaladara, komikus Panji Tengkorak, secara khusus hadir dan membuka stand di acara ini!

Selain pameran dan diskon buku komik, berbagai acara akan ikut meramaikan festival ini seperti temu komikus, bagi-bagi mobile comic gratis, talkshow, lomba menggambar dan mewarnai, kuis dan games komik, juga dimeriahkan dengan tampilnya band-band lokal seperti Original, Plug n Play, The En7oy, Anak Mamih, dll.

Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Penerbit Komik Indonesia (KPKI) dengan didukung oleh Pasar Festival, Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional, Museum Bank Mandiri, Erlangga for Kids, dan oleh komunitas-komunitas komik di Indonesia . Juga ada dukungan media partner dari Animonster, Women Radio dan Global Radio.

Kini saatnya pesta besar komik Indonesia dimulai!

| republish | Please Send Email to: iddaily@yahoo.com |

No comments:

Post a Comment

Program

Program