30 September 2009

Pameran Seabad Komik Francophone di Malang, Jawa Timur

Iman D. Nugroho

CCCL Surabaya bersama Insomnium, sebuah komunitas pengkaji dan peminat seni visual yang berbasis di Malang, untuk pertamakalinya menampilkan pameran seni komik Un siècle de BD francophone (Satu Abad Komik Francophone). Pameran komik berbahasa Prancis ini akan digelar di Galeri Ken Arok – Perpustakaan Umum Kota Malang pada 5 - 8 Oktober 2009. Pameran ini menelusuri kembali perjalanan sejarah sebuah seni yang mencapai ketenaran unik di Prancis, Eropa dan tentu saja di seluruh dunia. Mulai dari era Caran d'Ache.


Selain era Caran d'Ache, seorang pakar cerita bergambar tanpa dialog yang amat modern, pameran juga akan menampilkan karya di era Nicolas de Crécy, pakar teknik ilustrasi yang memukau. Kurun waktu lebih dari satu abad kreasi komik Prancis dan Belgia yang berkembang dengan baik, dipamerkan pertamakali bagi publik kota Malang dan sekitarnya. Pameran Un siècle de BD francophone terdiri dari 35 plat yang diambil dari koleksi asli Cité internationale de la bande dessinée et de l’image (Pusat Internasional Komik dan Gambar Prancis).

Bersama pameran ini, akan ditampilkan pula gambar-gambar kolektif karya Unit Kegiatan Mahasisawa (UKM) Lentera, yang merupakan lembaga intra kampus beranggotakan mahasiswa peminat seni rupa Universitas Muhammadiyah Malang. Lentera dibentuk pada tahun 2002 dan hingga saat ini, telah menyelenggakan pameran bersama di beberapa kota di Jawa Timur. Uniknya, pameran Un siècle de BD francophone juga bisa didownload di www.bdmix.org, sebuah portal on line tentang komik, dibuat oleh Kementrian Luar Negeri Prancis dan Eropa, hasil kerjasama dengan Cité de la bande dessinée et de l’image.

No comments:

Post a Comment

Program

Program