18 February 2009

Mahasiswa ITS Beradu Raih RINA Student Award

Press Release

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mendapatkan kehormatan dari Royal Institute of Naval Architect (RINA) yang bermarkas di London, Inggris. Sembilan mahasiswa dari Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS berhasil mengikuti seleksi Student Award dari RINA, Rabu (18/2).


Ini merupakan kali pertama RINA memberikan Student Award kepada mahasiswa di Indonesia, dan ITS terpilih sebagai yang pertama mengikuti seleksi. Dalam hal ini, RINA bekerjasama dengan PT Dok Perkapalan Surabaya (DPS) memberikan hadiah berupa sertifikat dan free membership RINA selama setahun.

Kesembilan mahasiswa yang pada bulan Maret nanti akan diwisuda ini adalah hasil seleksi dari tiga jurusan yang ada di FTK ITS, yaitu Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan dan Teknik Kelautan.

Mereka dipilih berdasarkan penilaian kolektif Tugas Akhir (TA) di masing-masing jurusan. Selanjutnya mereka diberi kesempatan untuk mempresentasikan TA-nya dalam waktu 15 menit di depan tim juri. Tim juri sendiri terdiri dari perwakikan dosen FTK ITS, RINA dan DPS. Dari pihak RINA diwakili oleh Dr Petrus Eko Panunggal.

Di samping metodologi penelitian yang digunakan, penilaian juri juga berdasar pada inovasi dan kreativitas penelitian tugas akhir itu. Selanjutnya dilihat daya manfaat dari hasil penelitian tersebut, terutama dari sisi industri.

Dr Suntoyo, koordinator tim seleksi, mengatakan bahwa pemberian ini merupakan bentuk apresiasi RINA dan pihak industri, dalam hal ini PT DPS, terhadap hasil penelitian tugas akhir mahasiswa. FTK ITS sengaja dipilih karena memang telah diakui reputasinya di dunia kemaritiman internasional. “Ini terbukti dari akreditasi yang telah diberikan RINA kepada ITS sebelumnya,” tutur Sunyoto.

Ia berharap dengan adanya Student Award dari RINA ini, akan semakin menumbuhkan kreativitas penelitian mahasiswa. “Sehingga mahasiswa semakin terpacu untuk menghasilkan tugas akhir yang berkualitas,” ujar dosen Teknik Kelautan ini.

Dengan status free membership pada level graduate member, lanjut Sunyoto, peraih student award nantinya berhak atas berbagai fasilitas member dari RINA. Beberapa di antaranya adalah mendapatkan jurnal ilmiah, majalah dan seminar-seminar yang diadakan oleh RINA. Selain itu, mereka akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1,5 juta yang akan diberikan kepada tiga pemenang terbaik.

1 comment:

Program

Program