30 April 2008

Metro TV Paling Dipercaya

Iman D. Nugroho

Stasiun televisi Metro TV menjadi stasiun televisi yang paling dipercaya siaran beritanya dengan perolehan suara 25 persen dari 74 voter. Hal itu yang tampak dalam polling ID Daily bertema Siaran Televisi yang Paling Dipercaya siaran Beritanya. Disusul oleh RCTI dan SCTV yang berada di urutan ke dua dengan perolehan suara seimbang, 17 persen. Diurutan ketiga, publik memilih Trans7, dengan perolehan suara 12 persen.


Urutan keempat diduduki TVRI dan Trans TV yang memperoleh 8 persen suara. Di bawahnya, urutan ke lima bertengger TV One dan Kabel TV dengan perolehan 4 persen suara. Sementara Indosiar, Global TV, ANTV dan stasiun televisi lokal diurutan ke-6 dengan 2 persen suara. Paling bawah, stasiun televisi TPI. Tidak ada suara yang memilih stasiun TV ini.

Menariknya, dalam kolom "tidak ada", terdapat 10 persen suara. Lebih besar dari kolom "pilih semua" yang hanya memperoleh 6 persen suara. Apakah berarti jumlah orang yang sama sekali tidak percaya stasiun televisi menunjukkan meningkatnya kekritisan masyarakat atas siaran televisi? Entahlah.

Urutan Selengkapnya:

1. Metro TV : 25 persen
2. RCTI dan SCTV : 17 persen
3. Trans7 : 12 persen
4. TVRI dan Trans TV : 4 persen
5. Indosiar, Global TV dan TV Lokal: 2 persen
6. TPI : 0 persen

*Polling selanjutnya akan mencari penyelesaikan terbaik soal agama-agama di Indonesia yang dianggap "menyimpang".


2 comments:

  1. Ide pollingnya menarik,mas. Kebetulan saya seorang praktisi di industri ini (senior researcher di programming TvOne). Sayang, cuplikan samplingnya kurang banyak kalau cuma 74 voters.

    Sekedar usul, dalam tulisan harusnya ditulis secara detil mengenai metodologi (tingkat kepercayaan, metode data collection, dll). Karena menyangkut kredibilitas polling Anda.

    Salam kenal, Arief Adi Wibowo.

    ReplyDelete
  2. Makasih mas Arief. Saya cuma menjalankan program plug n' play di blogger. Soal kredibelitas, saya serahkan ke netter. Salam

    ReplyDelete

Program

Program