14 February 2010

Imlek, Downtown dan Trend Adopsi Bayi China

Maya Mandley

Waktu masih kecil aku tidak begitu kenal dengan yang namanya tahun baru China atau Imlek. Aku hanya ingat waktu itu Omku yang bekerja sebagai dokter praktek, selalu membawa kue seperti dodol yang rasanya manis sekali. Yang menurut Omku, itu adalah kue khas tahun baru Imlek, pemberian pasien tempat Ia bekerja.

Sampai aku kuliah Aku masih juga tak begitu paham dengan tahun baru Imlek. Sampai setelah masa pemerintahan Orde Baru 'bubar' aku baru ngeh yang namanya Imlek. Apalagi waktu itu aku bekerja di sebuah radio swasta yang punya program memutar lagi-lagu mandarin. Dan sejak itu pula aku mulai kenal yang namanya barongsai dan Ang Pau Na Lai. Hehe,..
`
Selama tinggal di Negara Paman Sam ini, Aku pernah pergi ke Chinatown di downtown Manhattan saat tahun baru Imlek. Daerah pecinaan itu selalu rutin menggelar pawai. Pawai itu sangat meriah dan warga sangat antusias menunggu peserta pawai. Tak lupa di sela-sela pawai, beberapa toko yang dilewati peserta pawai, menyalakan petasan. Jadi ingat pesta penganten ala Betawi yang sering diisi dengan acara bakar petasan, Yang Menariknya pawai itu tak hanya diisi barongsai dan beragam kebudayaan Tionghoa lainnya.

Ada juga organisasi nirlaba lainnya yang ikut pawai. Misalnya Dog Shelter atau lembaga komersial yang customernya kebanyakan dari Asia. Yang menarik, pada pawai yang aku jumpai sekitar tahun 2004 itu, ada Para orangtua yang mengadopsi anak dari China ikut berpawai. Seperti diketahui, belakangan ini adopsi anak-anak dari China seperti jadi trend di kalangan orang tua Amerika. Bahkan menurut berita yang aku dengar, lembaga adopsi di China sampai kewalahan memenuhi permintaan adopsi para orang tua dari Amerika.

Menurutku, sepertinya masyarakat Amerika paham juga dengan Imlek. Ada beberapa stasiun TV yang mengucapkan selamat tahun baru imlek. Saat aku berada di Las Vegas, ornamen tahun baru imlek juga mewarnai Vegas Strip yang terkenal itu. Aku melihat ada satu banner raksasa dalam tulisan Mandarin yang diartikan juga dalam Bahasa Inggris yang artinya selamat tahun Baru Harimau 2010. Kesiapan menyambut tahun baru China juga bisa aku liat di Chinatown Las Vegas saat aku mencari restoran Indonesia di sana. Hampir setiap toko memasang banner tahun baru imlek.

Cari restoran Chinese saat hari raya Imlek ? Rasanya tak mungkin kalo tidak membuat reservasi dulu. Aku ingat saat mau makan dim sum di chinese restoran langgananku. Waktu itu aku gak sadar kalo hari itu adalah hari raya Imlek. Aku harus menunggu sekitar 30 menit untuk dapat meja. Mulanya aku gak sadar kenapa restoran yang punya sekitar 55 meja itu ramai sekali saat itu. Namun setelah melihat ornamen dan ucapannya aku baru sadar kalo hari itu adalah hari raya Imlek. Dan aku memang tak pernah membuat reservasi kalo ingin ke restoran itu.

Okey deh...Gong Xi Fa Chai, Happy Chinese New Year. Semoga tahu tahun macan logam ini, sukses selalu bersama kita.

*foto ucapan selamat Imlek di Las Vegas [Maya Mandley]

| republish | Please Send Email to: iddaily@yahoo.com |

No comments:

Post a Comment

Program

Program