04 December 2009

Kekuatan Hitam Putih di CCCL

Cukup lama CCCL Surabaya tidak menggelar pameran seni rupa, khususnya sketsa. Kali ini kami dengan senang hati menampilkan karya sketsa dan lukisan dari 3 seniman berpengalaman asal Surabaya, Her Roesmadi, Liem Keng (alm.) dan Suleman, mulai 10 Desember 2009 – 9 Januari 2010 di Galeri CCCL.

Pameran sketsa dan lukisan berjudul « Hitam Putih » (« En noir et blanc ») ini lahir atas keinginan ketiga pelukis untuk menunjukkan keyakinan mereka kepada masyarakat bahwa, sebuah karya seni, walaupun tanpa warna, tetap memiliki kekuatan. Penggunaan warna hitam dan putih kadang kala menjadi sebuah media tak terhindarkan untuk mengungkapkan gejolak emosi, yang seringkali kehilangan intensitasnya ketika diekspresikan dengan terlalu banyak warna.

Penggunaan warna hitam dan putih bukanlah sebuah mode yang sangat lazim di kalangan seniman Surabaya, dan melalui pameran karya ketiga seniman tersebut, kita berharap dapat memberikan kembali nilai yang semestinya pada jenis sastra yang luhur ini.

Melalui pameran ini, CCCL ingin memberikan penghormatan kepada almarhum Liem Keng, seniman besar Surabaya yang telah meninggalkan kita pada 23 Agustus 2009 lalu dan tidak sempat untuk menorehkan goresan tintanya dalam menyelesaikan project untuk pameran « Hitam Putih » ini.

No comments:

Post a Comment

Program

Program