25 November 2009

Kemungkinan Terus Bertambah, Kini 105 Jemaah Haji Meninggal Dunia

Iman D. Nugroho

Hingga Rabu (25/11) ini, sudah 105 jemaah haji meninggal dunia dalam persiapan pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi. Besar kemungkinan jumlah itu akan bertambah setelah puncak ritual haji digelar di pada Rabu ini berupa Wukuf Padang Arofah. Karena saat itu banyak jemaah calon haji akan kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh dari penginapan menuju ke Arofah. Penjelasan itu dikatakan Abdul Ghafur Jawain dari Departemen Agama RI, Rabu (25/11) ini di Jakarta.

Menurut catatan petugas Departemen Agama di Arab Saudi, dalam ritual yang bertepatan dengan Hari Raya Haji itu akan menguras banyak energi. Jemaah haji Indonesia itu akan menuju ke Padang Arofah dengan menggunakan 30 bus permahtap.

Khusus untuk jemaah calon haji yang tidak bisa melakukan ritual puncak wukuf itu, bisa melakukannya dengan menggunakan bus yang sudah dimodifikasi. "Ada sekitar 154 jemaah calon haji yang sakit, 99 diantaranya hanya bisa duduk dan 54 lainnya hanya bisa berbaring," kata Abdul Ghafur.

Selain itu, data dari petugas Departemen Agama di Arab Saudi mencatat ada 22 orang jemaah calon haji yang tidak bisa keluar dari ruang ICU rumah sakit setempat karena sakit. Khusus untuk ke-22 jemaah haji itu, wukuf akan digantikan oleh petugas yang sudah disiapkan. Sementara itu, Departemen Agama juga mengabarkan jumlah jemaah calon haji di Indonesia yang saat ini hampir mencapai satu juta orang.

*foto by news.yahoo.com

No comments:

Post a Comment

Program

Program