06 September 2009

Hawaii, Balinya orang Amerika

Waktu masih tinggal di Surabaya, setiap kali melihat tayangan Hollywood yang bersetting Hawaii, hati ini selalu berkata: "Kapan bisa ke situ, ya?" Begitu juga setiap kali ada film hollywood yang mengambil lokasi di situ, yang ada dalam bayangan keindahan dan keromantisan. Akhir tahun 2008 lalu, semua mimpi itu menjadi kenyataan. Hawaii, the dream came true,..


Hawai lumayan jauh dari New York. New York terletak di Amerika bagian timur lautan Atlantic. Sementara Hawaii atau ke Honolulu, berada di bagian barat Pacific Ocean. Dari Newark airport, transit dulu di Minneapolis setelag dua jam terbang. Setelah itu, dari negara bagian Minesota itu, lanjut dengan penerbangan lain ke Honolulu. Kali ini, nggak main-main, 10 jam terbang!

Kondisi bandara sungguh berkesan. Penataan yang teratur dengan petugas yang ramah menyambut saya saat keluar dari pesawat. Satu persatu kami dikalungi untaian bunga dan ucapan "Aloha". "Ini toh namanya Hawaii!". Setelah mengambil koper dan urusan rental mobil, kami keluar bandara menuju hotel lewat highway yang tidak kalah rame seperti Jakarta. Tak heran, selama perjalanan itu juga rasanya berada dalam suasana lalu lintas di Jakarta. Cuma bedanya plat nomor mobil dan lalu lintas nya tidak sesemrawut.

Seperti halnya di Bali, para touris yang mengunjungi Honolulu karena daya tarik pantainya. Di banding Bali, pantai-pantai di Honolulu memang lebih bersih. Airnya pun jernih. Karena air laut, ya tentu aja sama asinnya dengan pantai di Bali. Aku dengar di Bali ada orang yang berani buang hajat kecil di pantai seperti di Kuta. Di Honolulu, jangan coba-coba melakukan itu. Karena ada polisi yang selalu siap siaga. Fasilitas di pantai juga tergolong lumayan. Di setiap 10 meter sepanjang pantai, disediakan fasilitas keran untuk membersihkan diri sehabis berenang di laut atau untuk membersihkan pasir setelah berjemur.

Untuk mereka yang tak menyewa mobil, kendaraan umum yang bisa dipakai adalah bus, selain taxi. Bus nya juga bersih seperti halnya bus di NYC. Bicara soal bus, ada anggota DPR setempat yang mengusulkan peraturan baru, yang menurutku ridicilous alias ngawur. Ada 2 orang anggota DPR negara bagian Hawaii, yang mengusulkan membuat peraturan soal BO (body odor alias BB). Mereka yang punya BO bakal dikenai denda $500 atau kurungan 6 bulan.

Polisi bisa saja menangkap mereka yang BB nya dianggap mengganggu penumpang lain. Aturan ini tentu saja mengundang kontroversi. Bagaimana mengukur BB seseorang ? Malah ada yang menganggap aturan ini sangat diskriminatif. Mengingat pendapatan terbesar Hawaii dari tourism, biisa jadi aturan ini menghalangi tourist untuk berkunjung kesana. Karena urusan BB sangat pribadi dan bisa menyinggung perasaan seseorang. Bukan begitu?

Aloha !!!

No comments:

Post a Comment

Program

Program