01 November 2009

Masyarakat kita tidak mengenal perayaan Halloween

Maya Mandley

Menurut kamus wikipidea, Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober.. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili."


Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun.
Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.

Aku sendiri tidak pernah ikut merayakan pesta halloween. Hanya saja aku pernah menemani anak-anak SD merayakan pesta halloween di sekolah mereka. Karena halloween identik dengan kostum unik, tentu saja saat pesta aku melihat beraneka ragam kostum. Mulai yang paling lucu sampai yang paling mengerikan. Meski aku hanya bertugas menemani anak kecil ikut pesta, tapi secara langsung aku juga merasa ikut berpesta meski tidak ikut-ikutan memakai kostum aneh.

Meski bukan hari libur resmi, namun rakyat amerika merayakan hari yang identik dengan seram-seram ini dengan ucapan 'Happy Halloween'. Tak cuma toko yang panen dengan penjualan kostum dan permen atau coklat, stasiun TV juga ikut merayakan Halloween. Para anchor maupun weathermen, bahkan mereka yang di belakang layar, ikut heboh dengan kostum dan dandanan tokoh-tokoh tertentu. Mulai dari celebritis sampai politikus. Siaran pada hari itupun bertema halloween atau disesuaikan dengan kostum sang anchor. Misalnya, dandanan atau kostum apa yang sudah tidak nge-tren lagi tahun ini atau yang sedang tren tahun ini. Betul-betul menarik.

Halloween tahun ini aku rayakan dengan pergi mengunjungi theme park. Sejak aku datang, aku bisa melihat beraneka ragam kostum yang dikenakan pengunjung taman hiburan bak Dufan di Ancol Jakarta itu. Tak cuma anak-anak yang mengenakan kostum unik, ABG bahkan orang dewasa pun tak mau kalah mendandani diri mereka dengan kostum lucu dan unik. Pengelola taman juga menyediakan atraksi halloween, mulai taman dibuka sampai ditutup. Menurut pengamatanku, Pengunjung taman justru bertambah rame menjelang malam. Keliatannya karena semakin malam, pertunjukan panggung lebih banyak, dan umumnya orang tua mengantarkan anak mereka dulu untuk trik or treat ke setiap rumah, sebelum hari gelap.

Halloween tahun ini merupakan kali ke-6 buat aku. Sepanjang pengamatanku, usai halloween, pasti ada berita penangkapan ABG yang melempar telur busuk ke mobil yang lewat. Menurut cerita dari seorang ABG yang aku kenal, tindakan melempar telur busuk atau prank ini, dilakukan just for fun atau karena peer pressure alias gagah-gagahan di kalangan kelompok mereka. Itu sebabnya, mengapa di beberapa kota, pemerintah setempat memberlakukan curfew alias jam malam. Tujuannya untuk menghindari prank yang sering dilakukan ABG.

Happy Halloween!

No comments:

Post a Comment

Program

Program