18 March 2009

Kembangkan Kerjasama Internasional, ITS Gandeng NCKU Taiwan

Press Release

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tak henti-hentinya terus melebarkan sayapnya untuk menjalin kerjasama internasional. Kali ini kerjasama yang akan dilakukan dengan National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan. Kesepakatan untuk kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di antara keduanya yang dilakukan di Gedung Rektorat ITS, Rabu (18/3). Dalam penandatanganan tersebut, ITS diwakili oleh Pembantu Rektor IV Prof Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD dan NCKU diwakili oleh Dean of College of Engineering Dr Wen-Teng Wu.


Sebelum dilakukan penandatanganan, masing-masing perwakilan melakukan presentasi untuk mengenalkan profil institusinya, serta kelebihan-kelebihan yang mereka miliki untuk kemungkinan dikerjasamakan nantinya. NCKU yang memiliki 9 college dan 39 departemen tersebut telah melakukan sejumlah penelitian di bidang sains dan teknologi. Antara lain di bidang water resource, bio engineering, dan lain-lainnya.
“Kami berharap apa yang dimiliki NCKU nantinya bisa dikolaborasikan dengan apa yang dimiliki oleh ITS, baik untuk pendidikan maupun untuk penelitian,” tutur Wen-Teng Wu usai presentasi.

Keinginan tersebut disambut baik oleh ITS. Beberapa dekan dan kepala jurusan di ITS yang hadir menanyakan sejumlah hal yang kemungkinan bisa dikerjasamakan. Termasuk kemungkinan kerjasama penggunaan laboratorium untuk penelitian bersama. Bidang ilmu yang kemungkinan dikerjasamakan adalah teknik mesin, teknik elektro, teknik lingkungan, teknik sipil, teknik kimia, dan industri.

Selain itu, kerjasama yang kemungkinan akan dilakukan juga diarahkan pada program double degree atau twining program untuk pascasarjana. Selain itu juga untuk kemungkinan joint research, student exchange atau pun professor exchange. “Untuk kesepakatan lebih detilnya mungkin akan kita bicarakan lagi nantinya, kira-kira mana yang paling pas untuk dikerjasamakan,” ujar Eko Budi Djatmiko.

Sebelumnya, rombongan NCKU sebanyak 11 orang ini juga telah diterima langsung oleh Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD di ruang kerjanya. Selanjutnya, usai penandatanganan MoU rombongan melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium di lingkungan ITS. Setelah itu, mereka melakukan proses rekrutmen beasiswa program S2 untuk mahasiswa maupun dosen ITS.

*HUMAS-ITS, 18 Maret 2009

No comments:

Post a Comment

Program

Program