06 July 2008

Kantong Massa Menjadi Tujuan Kampanye Pertama Cagub Jatim

Iman D Nugroho

Kampanye pertama kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur digelar Minggu (6/06/08) ini. Tidak ada yang baru dalam sistem kampanye kali ini. Masing-masing kandidat memilih langsung mendekati massa pemilih di kantong-kantong pendukung, dengan rapat akbar, jalan sehat dan pasar murah.


Calon 12 partai kecil, Kofifah Indar Parawansa-Mudjiono menemani masyarakat Tulungagung dengan melaksanakan jalan sehat, sementara calon PKB Ahmady-Soehartono menggelar pasar murah di Surabaya. Calon PDIP Sutjipto-Ridwan Hisjam fokus pada wilayah nelayan Muncar di Banyuwangi, dan calon Partai Demokrat-PAN menggelar rapat akbar di Pamekasan, Madura. Pasangan yang diusung Golkar, Soenarjo-Ali Maschan Moesa tidak memanfaatkan kampanye hari pertama ini.

Arief Budiman dari KPU Jawa Timur mengatakan, kampanye yang dijadwalkan KPU Jatim sepenuhnya hak cagub-cawagub. "Kalau ada yang tidak memanfaatkan, ya tidak apa-apa," katanya pada The Post. Untuk menghindari bentrokan dan meratanya pelaksanaan kampanye di Jawa Timur, KPU Jatim membagi Jawa Timur dalam lima wilayah kampanye.

Pada kampanye hari pertama ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jawa Timur belum menemukan adanya pelanggaran. Seperti black campaign, money politics dll. Senin (7/06/08) besok, semua kandidat pilgub Jawa Timur akan menyampaikan visi dan misi di depan DPRD Jawa Timur di kantor DPRD Jawa Timur di Surabaya.


No comments:

Post a Comment

Program

Program