14 December 2014

DORAEMON, APA PERALATAN YANG PALING DIBUTUHKAN RAKYAT INDONESIA?


Ketika tulisan ini dibuat, film bioskop Doraemon, Stand By Me, sedang diputar di bioskop-bioskop Indonesia. Bagi anak-anak tahun 90-an, film itu seperti membuka ingatan ketika film seri animasi robot kucing serba bisa itu diputar di RCTI. Duduk di depan tivi, anak-anak (dan sebagian juga orang dewasa) menikmati keceriaan yang dihadirkan Doraemon, Nobita, Sizuka, Gian, Suneo dan kawan-kawannya.


Review film bioskop terbaru Doraemon, Stand By Me, sudah banyak tersebar. Muncul satu pertanyaan: Bila Doraemon itu ada, apa kira-kira peralatan yang paling dibutuhkan rakyat Indonesia? Hmmm,..

Kantong Ajaib, menjadi jawaban yang tidak bisa tidak, harus ada di urutan teratas. Ingatkan apa itu Kantong Ajaib? Kantong itu ada di perut Doraemon. Di kantong inilah, semua peralatan yang dibutuhkan Doraemon ada dan bisa digunakan. Tak heran bila Nobita, sahabat Doraemon, sering meminta menggunakan alat-alat ajaib untuk berpetualang.

Nah, bagi rakyat Indonesia, Kantong Ajaib ini semacam jawaban doa. Bagaimana tidak, di kantong ini, kita bisa menemukan semua solusi dari himpitan persoalan. Di kantong ini ada berbagai benda (yang ajaib pula), yang bisa digunakan sebagai jalan keluar menghadapi persoalan itu.

Bagi masyarakat Jakarta, misalnya. Bila akan berangkat kerja dan terjebak macet, maka pilihan yang paling masuk akan adalah merogoh Kantong Ajaib, dan mengambil Baling-Baling Bambu. Tempelin saja baling-baling itu di kepala, lalu terbang langsung menuju ke lokasi. Terbayang bukan? Di langit-langit kota-kota besar di Indonesia, akan bersliweran orang-orang yang terbang menggunakan Baling-Baling Bambu. Cool!

Mengindari kemacetan, bisa juga dengan Pintu atau Jendela Ke Mana Saja. Tinggal menyetel ke lokasi yang dituju, membuka pintu atau jendela, dan abrakadara! sampai di tempat tujuan. Alat ini bisa juga digunakan saat liburan. Tinggal menentukan lokasi liburan, dan cling! langsung sampai ke tujuan. :))

Kalau ada masalah dengan masa lalu, Mesin Waktu bisa diambil dari Kantong Ajaib. Nobita sering menggunakan ini untuk mengintip masa depan. Biasanya urusan kisah cintanya dengan Sizuka. Nah, kita juga bisa menggunakannya untuk urusan-urusan lain. Misalnya, dengan mesin waktu, kita kembali ke masa di mana tsunami Aceh belum terjadi. Lalu, kita ingatkan penduduk Aceh untuk lebih waspada. Bukan tidak mungkin, korban akan dihindari. Semangatnya, menghindari tragedi di Indonesia.

Di Wikipedia, berbagai alat di Kantong Ajaib Doraemon juga disebut. Mulai Kaca Mata Fantasi, Konyaku Penerjemah, Kue cap Momotaro (untuk menjinakkan binatang), Senter Pengecil, Senter Pembesar, Sarung Tangan Super, Meriam Angin, Shot Gun Listrik, Mantel Pelindung, Lingkaran Penembus hingga Sarung Tangan Tikus.

Apa peralatan yang anda butuhkan?

Iman D. Nugroho

No comments:

Post a Comment

Program

Program