05 September 2009

Masa Depan Bumi Dibicarakan di Copenhagen-Denmark

Press Release

Pada December 2009 seluruh perhatian dunia akan mengarah ke sebuah pertemuan international di Copenhagen-Denmark, sebuah pertemuan yang akan membicarakan komitmen negara-negara se-dunia demi kelanjutan masa depan bumi dalam menjawab tantangan perubahan iklim. Banyak pihak yang mendorong terlaksananya pertemuan tersebut demi mendapatkan pengganti Protokol Kyoto yang akan berakhir pada tahun 2012. Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan dalam pembukaan UNFCCC di Poland “Sudah saatnya kita memiliki solidaritas global dalam mengatasi permasalahan perubahan iklim ini.”


Sejak awal tahun 2009, telah banyak gerakan dari berbagai negara yang mengajak segenap generasi muda di dunia untuk berpartisipasi mengambil tindakan dalam mendukung terlaksananya pertemuan ini dengan sukses, macam-macam cara ditempuh sesuai dengan kapasitas dan kreativitasnya masing-masing demi menarik perhatian mereka. Di Indonesia salah satu cara yang akan ditempuh untuk menjaring partisipasi generasi muda akan hal ini adalah melalui sebuah ajang kompetisi foto, video dan poster dengan nama Climate Change Mythbuster Competition yang digelar oleh OXFAM GB Indonesia bersama Greeners sebuah komunitas yang aktif dalam aksi kampanye gaya hidup ramah lingkungan.

Menurut Pimpinan Umum Greeners Syaiful Rochman, “Sudah saatnya generasi muda di Indonesia dilibatkan dalam gerakan global melawan tantangan perubahan iklim,” ia juga menambahkan bahwa kompetisi ini tidak semata untuk urgensi UNFCCC Copenhagen, tapi juga merangsang anak-anak muda Indonesia yang kreatif untuk mulai memikirkan isu perubahan iklim dalam karya-karyanya.

Lomba ini akan dibuka mulai 1 September dengan tenggat waktu pendaftaran karya pada 20 Oktober 2009 dan pegumuman pemenang pada 10-11 November 2009. Kompetisi ini juga akan didukung oleh serangkaian kunjungan ke daerah yaitu Medan, Makassar dan Bandung yang akan bekerjasama dengan komunitas lokal daerah guna menjaring partisipan. Seluruh keterangan kompetisi menyangkut syarat dan ketentuan akan diumumkan melalui website resmi di www.climatebuster.net. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia yang berumur 18-28 tahun dengan total hadiah mencapai 30 juta rupiah.

Roysepta Abimanyu selaku Campaign Officer dari OXFAM GB Indonesia menjelaskan bahwa tujuan dari kompetisi ini adalah untuk memberikan dukungan kepada peningkatan kesadaran mengenai pentingnya kesepakatan global pasca 2012 yang adil dan aman dalam membatasi peningkatan suhu 2 derajat celcius di antara kaum muda.

Untuk Informasi Lebih Lanjut : Greeners

No comments:

Post a Comment

Program

Program