15 September 2009

Lagi, Pertamina Selenggarakan OSN PTI 2009

Press Release

Setelah sukses di tahun 2008 lalu, untuk kedua kalinya, Pertamina bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi seluruh Indonesia (OSN PTI) Tahun 2009. Melihat membludaknya peserta sebelumnya, tahun ini Pertamina menargetkan sepuluh ribu mahasiswa sebagai peserta OSN PTI 2009.


Untuk keduakalinya OSN PTI meramaikan jagad kompetisi sains tingkat perguruan tinggi di Indonesia. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya menargetkan dua ribu peserta, dengan sosialosasi besar-besaran Pertamina menargetkan sepuluh ribu peserta untuk OSN PTI 2009.

Untuk mencapai target tersebut, Pertamina, UI, dan Dikti menggandeng Republika serta menyelenggarakan video conference bersama media dan 33 perguruan tinggi di seluruh Indonesia pada Selasa (15/9) pagi. Untuk regional Jawa Timur, video conference dilakukan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dalam pers conference.

Tak hanya target peserta, hadiah dan batasan peserta pun membedakan penyelenggaraan OSN PTI 2009 dengan 2008. Jika tahun lalu tidak ada hadiah untuk para juara di tingkat propinsi, tahun ini Pertamina menyediakan beasiswa semester lima hingga semester sembilan sebagai hadiah OSN PTI 2009 tingkat regional.

Di tingkat nasional, hadiah yang akan diperoleh para juara berupa uang tunai dengan total lebih dari 2 miliar rupiah. Selain itu, peserta OSN PTI 2009 pun diberi batasan minimal semester tiga dan bukan pemenang nasioan OSN PTI 2008 maupun Olimpiade Sains Internasional.

Tidak banyak hal teknis yang membedakan OSN PTI 2008 dan 2009. Pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui www.osnpti.com sejak tanggal 5 September hingga 26 Oktober 2009. Setelah itu akan dilakukan seleksitingkat propinsi pada 3 November 2009 serentak di 33 perguruan tinggi seluruh Indonesia, termasuk ITS, yang telah ditunjuk oleh Pertamina. Mekanisme soalnya pun tidak berbeda yaitu multiple choice pada babak penyisihan, essay pada perempat final, kemudian presentasi di babak-babak berikutnya.

Untuk kompetisi ini, Pembantu Dekan III FMIPA yakin ITS akan kembali mewakili Jawa Timur di tingkat nasional. "Saat ini ada beberapa mahasiswa yang saya andalkan, dua mahasiswa dari (jurusan) Matematika, satu mahasiswa dari Kimia, dan dua mahasiswa lagi dari Fisika," papar Drs Bandung Arry Sanjoyo MIKomp.

Untuk mewujudkan optimismenya, Bandung berencana menggandeng Departemen Ristek BEM untuk mengkoordinir mahasiswa yang serius mengikuti OSN PTI. Nantinya mahasiswa tersebut akan mendapat pembinaan secara langsung dari dosen-dosen terkait.

CSR Pertamina Bidang Pendidikan

Menurut External Relation Pertamina Regional V, Eviyanti Rofraida, olimpiade ini hanya merupakan salah satu Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina di bidang pendidikan. Dengan menghabiskan dana tujuh miliar rupiah, OSN PTI 2009 merupakan proyek yang bertujuan mencari anak bangsa yang potensial di berbagai wilayah di Indonesia.

Mahasiswa menjadi target proyek ini dikarenakan pernannya sebagai agent of change dan tulang punggung pembangunan Indonesia. ITS sendiri sebelumnya pernah menerima proyek CSR Pertamina berupa pembangunan lapangan futsal indoor.

No comments:

Post a Comment

Program

Program