16 October 2006

Seruan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya: THR Adalah Suap!

:: Do not republish. If you like to republish, please contact id_nugroho@yahoo.com, id_nugroho@telkom.net or call mobile phone: +62-81-6544-3718 ::

Menyikapi momentum sakral Hari Raya Idul Fitri, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya sebagai salah satu organisasi profesi jurnalis/wartawan yang berafiliasi dengan International Federation of Journalists (IFJ) menghimbau :

1. Perusahaan media memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh pekerja media (jurnalis dan karyawan lainnya). Ini sesuai ketentuan dalam Permenaker RI nomor 04/Men/1994 pasal 3 ayat (1) dan (2). Ketentuan tersebut berisikan, bagi pekerja yang masa kerjanya 1 tahun atau lebih, besarnya THR harus diberikan sebesar 1 bulan upah. Adapun bagi pekerja yang masa kerjanya lebih dari 3 bulan tetapi kurang dari 1 tahun, tunjangannya diberikan secara proporsional sesuai masa kerjanya dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 lalu dikalikan satu bulan upah. Di Jawa Timur, Gubernur Imam Utomo merespon lewat SE nomor 560/11975/031/2006 tanggal 26 September tentang THR Keagamaan tahun 2006.

2.Semua pihak yang berkaitan dengan pemberitaan media (narasumber, instansi, organisasi atau yang lainnya) untuk tidak memberikan THR dalam bentuk apapun kepada jurnalis/wartawan karena bertentangan dengan UU Pers nomor 40/1999 dan Kode Etik Jurnalistik tahun 2006. Ditambah lagi himbauan/seruan KPK yang menyatakan pemberian THR bukan dari instansi tempatnya bekerja dapat dikategorikan suap.

3.Kepada semua pihak, AJI Surabaya untuk mendorong terciptanya kemerdekaan, profesionalisme serta kesejahteraan jurnalis/wartawan dan Indonesia yang bebas suap.

Demikian himbauan ini ditujukan kepada seluruh pihak dan berharap adanya implementasi positif sebagai peran serta AJI sebagai wadah organisasi jurnalis/wartawan.

Surabaya, 16 Oktober 2006
Iman Dwianto Nugroho
Ketua AJI Surabaya

3 comments:

  1. sangar tenan, cuk!
    he.he.
    -anton

    ReplyDelete
  2. rahasia4:36 pm

    sorry telat. comentku, kesian deh lu!!! gak dimuat khan??? hehehe... actually, aku sangat sedih waktu kamu ceritain gak dimuat di media. anyway, khan udah kamu muat di blog kamu ini. so, mending kamu bagi-bagikeun deh alamat blog kamu ini. entah wartawan, stake holder, buruh perusahaan, tukang bakso,tukang cukur dll. hehehe...
    sapa tahu bermanfaat. nambah-nambah sumpek otak, nanti pasti sempat terpikir sekalipun dalam mimpi. itu capaian minimal lho???!

    ReplyDelete
  3. thanx,...semua tergantung niatnya. hehe...

    ReplyDelete

Program

Program