09 November 2010

Kemungkinan Merapi dari orang "gila"

Iman D. Nugroho

Laki-laki ini mengaku "gila". Namun komentarnya tentang apa yang terjadi di Gunung Merapi dalam waktu dekat ini, sepertinya perlu didengar, meski tak harus dipercayai. "Korbannya meninggal dunia mungkin mencapai 3000-4000 orang," kata orang yang Saya temui di Yogyakarta baru-baru ini. Berikut ini penuturannya:

Lebih baik Saya katakan di awal, apa yang saya katakan ini adalah perkataan orang gila. Karena orang tidak akan percaya. Mungkin, untuk orang yang mengetahuinya pun, tidak akan mengatakannya.

Jadi, menurut Saya, Merapi saat ini sedang menunggu waktu untuk meletus hebat. Tanda-tanda itu sudah terlihat. Seperti menurunnya laut selatan sedalam 13 meter. Kemana airnya? Airnya sudah terserap oleh pori-pori bumi untuk "mengisi" rongga-rongga di bawah Merapi. Perlu tekanan yang berbeda untuk meletus secara hebat.

Ini adalah siklus 70 tahunan yang digabungkan dengan siklus 4 tahunan, yang menghasilkan tertimbunga Candi Borobudur untuk kedua kalinya. Dan tentu saja akan berdampak pada Yogyakarta. Korban meninggal dunia mungkin mencapai 3000-4000 orang.

No comments:

Post a Comment

Program

Program