03 November 2010

Intervensi adalah kemunduran

Iman D. Nugroho

Kebebasan pers adalah barang "mahal". Itu pasti. Karena itu, mau tidak mau, harus dijaga dan tidak selayaknya dijual murah. Sedikit saja intervensi mempengaruhi media, maka itu merupakan kemunduran.

Tidak dipungkiri, setiap media pasti memiliki keterkaitan dengan kelompok tertentu. Entah itu berdimensi ekonomi, politik, sosial, budaya atau apalah! Tidak ada yang benar-benar independen.

Namun, terminologi fire wall (dinding api) untuk membatasi ruang redaksi (yang berpihak pada publik) dan kepentingan lain, hendaknya terus diingat. Ketika fire wall itu redup bahkan mati, maka, independensi pun hilang.

Pembaca dan nara sumber hendaknya juga memahami hal ini. Sehingga tidak perlu merasa aneh, bila dalam perjalanannya menemukan kondisi dimana seorang kawan yang kebetulan jurnalis, justru mengkritik dirinya atau kelompok di mana dia dekat atau bahkan tergabung di dalamnya.

Bila belum cukup "memuaskan", tengoklah UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), dua "kitab suci" jurnalis. Pelajari, dan gunakan mekanisme penyelesaian sengketanya.
Sent trough BlackBerry®

No comments:

Post a Comment

Program

Program