22 January 2010

Singgung Isu SARA, Secret Operation MetroTV Dibredel

Iman D. Nugroho

Tayangan indepth reporting Secret Operation (SO) yang ditayangkan di MetroTV dibredel oleh Pimpinan Redaksi MetroTV, Elman Saragih, setelah acara itu menyiarkan bertema FTA Asean - China. Sayangnya, hal itu bukan semata-mata keputusan Elman Saragih. Melainkan terstimulus oleh tekanan pengusaha yang mengaku tersinggung dengan tayangan itu.

Aksi pembredelan itu berawal dari ditayangkannya Naga China Melilit Garuda pada Selasa (12/1) malam pukul 23.05. Ide tayangan itu adalah membuka pemikiran tentang FTA Asean - China. Indonesia terlibat di dalamnya. Tim SO mendapat masukan dan bahan-bahan mengenai pola-pola FTA ini bila diterapkan di Indonesia. Beberapa Narasumber diambil dari komunitas pengusaha Tionghoa yang memang sangat was-was dengan realisasi FTA itu. Dalam tayangan itu terungkap bagaimana pola-pola informasi dari barang-barang dan informasi yang dimainkan oleh intelijen china dalam meluaskan perdaganngannya.

Wapemred MetroTV Retno Shanty pada Rabu (13/1) pukul 6.30 mendapatkan forward SMS dari Pemred Metro TV Elman Saragih yang berisi ancaman dari ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Benny G Setijono.

"Pak Elman selamat pagi! Maaf menganggu Pak! Semalam jam 23.00 kembali Metro TV menayangkan acara Secret Operation dengan tema FTA-CHINA. Tetapi sungguh mengejutkan salah satu narasumber, John Mempi dengan ngawur dan panjang lebar menuduh pengusaha Tionghoa adalah bekas Baperkidan menjadi intel China yang pusatnya di Kedubes China. Itulah sebabnya kita kalah bersaing dalam FTA-China. Tuduhan ini sangat serius dan berbahaya Pak!

Urusan Free Trade kok mencari-cari alasan dengan memojokkan para pengusaha Tionghoa yang sesungguhnya berada di barisan depan dalam persaingan ini. Apakah Metro TV masuk dalam grand scenario pengalihan isu dan menjadikan etnis Tionghoa kambing hitam? Mengingat janji Bapak dalam pertemuan bulan lalu, kami jadi bingung dan mohon klarifikasi. Salam. Benny G. Setiono"


Masih di hari yang sama, sekitar pukul 7.30 wapemred Retno Shanty menelpon produser dan assisten produser SO tentang tuduhan INTI. Bahwa tayangan SO tersebut bermuatan SARA dan bahwa kedubes China telah menelpon pemilik MetroTV Surya Paloh terkait tayangan SO tersebut. Lantas, Shanty memanggil produser S0, eksprod newsmagazine Rahmat Yunianto, dan Erwin Setiawan membahas tayangan SO dan komplain INTI dan kedubes China.

Dengan nada tinggi, wapemred mengatakan tidak perlu lagi penjelasan dari nara sumber John Mempi kepada ketua INTI Benny G Setijono, karena kedubes China sdh mengkontak Surya Paloh, terkait tayangan tsb. Sekitar pukul 14.00 digelar pertemuan dengan Pemred Elman Saragih, yang dihadiri wapemred, eksprod , dan produser SO.

Pemred menyebutkan, dirinya ditelpon Surya Paloh tentang tayangan SO yang memicu adanya keluhan dari organisasi massa Batak dan INTI. SO diangga mengobarkan permusuhan antar etnis dengan tayangan bermuatan SARA. Dan SO pun dibekukan, personilnya untuk sementara ditugaskan ke divisi reguler news gathering.

1 comment:

  1. Mental lemah mana pantas jadi pemimpin

    ReplyDelete

Program

Program