15 December 2009

Patung Obama Kecil di Taman Menteng itu,..

Jojo Raharjo (photo), Iman D. Nugroho (text)

Ini adalah pertama kalinya, Indonesia memiliki patung masa kecil presiden dari negara lain. Apalagi kalau bukan patung Presiden AS Barrack Obama yang ditempatkan di Taman Menteng, Jakarta Pusat.

Entah, apa maksud dari pendirian patung ini. Tulisan di bawah patung ini menjelaskan, patung ini dibuat karena Barrack Obama pernah tinggal di Indonesia.

"Si kecil Berry (panggilan kecil Barrack Obama) bermain bersama ibunya Ann di daerah Menteng ini. Dia tumbuh dewasa menjadi Presiden Amerikat Serikat ke-44 dan menerima Nobel Perdamaian."

Barrack Obama memang dianggap dekat oleh Indonesia karena pernah tinggal di Jakarta di masa kecilnya. Namun, pembuatan patung itu dianggap berlebihan mengingat presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat itu terbukti tidak memihak kepada negara berkembang dan terus menggalakkan perang di Afghanistan dengan menyetujui pengiriman pasukan AS.

1 comment:

  1. Barack Obama. Nama itu memang seolah sering membahana di negeri ini, hanya karena alasan sederhana bahwa ia penah tinggal di Indonesia. Suatu hal yang wajar, namun apabila sampai dibuatkan patung di sebuah taman umum, rasanya perlu dipertimbangkan lebih jauh.

    Bukan bermaksud merendahkan, namun lebih kepada sebuah refleksi. Negeri ini mempunyai banyak pahlawan yang rasanya lebih tepat untuk dikenang.
    Cara Membuat Blog

    ReplyDelete

Program

Program