25 November 2009

AJI Indonesia Tabur Bunga untuk 12 Jurnalis yang Dibantai

Iman D. Nugroho

Insiden pembantaian 12 jurnalis dan 39 masyakat sipil di Mindanao, Filipina, tanggal 24 November 2009 membuat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar tabur bunga. Aksi solidaritas yang juga akan mengundang komunitas pers Indonesia itu digelar untuk mendesak pemerintah Filipina dan negara lain agar memberikan perlindungan pada jurnalis yang bekerja di wilayah mereka.

Aksi solidaritas ini juga mendorong agar pemeritah Filipina untuk menyelidiki kasus tersebut dan membawa pelaku kejahatan terhadap kemanusiaan itu ke pengadilan internasional. Komunitas jurnalis harus menentang upaya impunitas bagi pelaku pembunuhan terhadap jurnalis di manapun berada.

"Dengan aksi solidaritas tersebut, komunitas pers Indonesia berharap agar tidak ada lagi kekerasan terhadap jurnalis di Filipina maupun tempat-tempat lain," tulis Nezar Patria. Hanya dengan aksi soldiaritas global tersebut, jaminan keselamatan bagi jurnalis dapat diupayakan. Aksi solidaritas tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan agar semua pihak menghormati profesi jurnalis. Tak ada kekerasan terhadap jurnalis yang dapaty ditolerir, apalagi pembantian massal.

Kehadiran rekan-rekan komunitas pers sangat berarti bagi upaya mendorong proteksi bagi jurnalis yang oleh Perserikatan Bangsa-bangsa diakusi sebagai pembela Hak Asasi Manusia (human rights defenders). AJI di seluruh kota di Indonesia akan menggelar aksi serupa sebagai bentuk solidaritas nasional.

*Foto news.yahoo.com

1 comment:

  1. aku udah liat di okezone.com
    sadis banget

    ReplyDelete

Program

Program