13 September 2009

AJI Jakarta Gelar Demonstrasi Mendukung Upi Asmaradhana

Iman D. Nugroho

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta menggelar demonstrasi mendukung Upi Armaradhana, jurnalis Makassar yang tengah diadili dalam kasus pencemaran nama baik. Demonstrasi yang akan dilakukan di depan gedung Mahkamah Agung (MA) Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Senin (14/9) itu akan dihadiri setidaknya 100 jurnalis dari berbagai organisasi profesi, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang concern dalam isu kebebasan berekspresi. Demonstrasi itu bersamaan dengan rencana pembacaan vonis yang juga akan berlangsung di hari yang sama di PN. Makassar.


Seperti diberitakan sebelumnya, Upi Asmaradhana dituntut atas pencemaran nama baik oleh mantan Kapolda Sulsel Irjen Sisno Adiwinoto. Upi yang mengkritik keras statemen Sisno yang mengatakan bahwa masyarakat hendaknya mengabaikan UU Pers dalam kasus sengketa pers, dianggap mencoreng nama baik Sisno. Mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu menuntut Upi secara pidana dan perdata. Meski dalam perkembangannya, tuntutan secara perdata itu dibatalkan. "Kasus Upi adalah salah satu bentuk langkah nyata melawan kebebasan berekspresi," kata Margiyono, Divisi Advokasi AJI Indonesia.

Selama persidangan, Upi yang juga Koordinator Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar didampingi oleh penasehat hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers, Hendrayana dan Timnya. Kasus Upi Asmaradhana menjadi kasus terkini yang terjadi di era Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, dan sekaligus menjadi ujian bagi rezim yang selalu menyatakan diri sebagai rezim yang menghormati Hak Asasi Manusia dan menegakkan hukum ini.

Selamat berjuang Upi!

*blog Upi Asmaradhana.

1 comment:

  1. Maya Mandley12:00 am

    Ikut mendukung aksi dari jauh. Selamat berjuang kawan !!!

    ReplyDelete

Program

Program