27 April 2009

Kacong Melesat di Etape Penentuan

Rohman Arief

Etape penentuan Jelajah Malaysia 2009 telah dilaksanakan. Etape ketujuh yang menempuh Tanjung Malim menuju Genting, 117,0 km direbut pebalap asal Australia Timothy Roe (Saving and Loans) dengan waktu tempuh, 3 jam 01 menit 21 detik, Sabtu (25/4). Roe berhasil melepaskan diri dari kepungan dua climber, Ghader Mizbani (Tabriz Petrochemical) diurutran kedua disusul Jai Crawford yang juga rekan satu timnya. Hasil ini menempatkan Roe merebut Yellow Jersey yang selama ini dikuasai Mehdi Sorabi (Tabriz).


Sementara pebalap Polygon Sweet Nice Hari Fitrianto menempatkan diri sebagai pebalap Indonesia terdepan pada etape ketujuh kemarin. Dia menempatkan diri di posisi ke delapan tertinggal, 1 menit 59 detik. Hasil ini merupakan keberhasilan Kacong, sapaan pebalap asal Probolinggo, itu sebagai pebalap Indonesia.

Keberhasilan itu menempatkan dirinya melesat di posisi klasemen umum pebalap (General Classification by time). Dia mengumpulkan total waktu, 27.36’52”, atau tertinggal 2 menit 32. Sementara juara tahun lalu, Tonton Susanto tercecer di posisi ke-12 dan menempatkan dia di peringkat GC ke-10 dengan total waktu 27.37’32”.

Tentu hasil ini menggembirakan kubu Polygon Sweet Nice. “Memang kami tidak juara, tapi setidaknya pebalap kami menjadi yang terbaik bagi peserta asal Indonesia, dengan menempatkan Kacong sebagai pebalap terdepan,” aku Direktur Polygon Sweet Nice Harijanto Tjondrokusumo kemarin petang.

Masalahnya hasil ini sudah tidak memungkinkan untuk bergeser atau berubah. Sebab pada hari ini hanya melombakan nomor kriterium sepanjang 70.4 km di Kuala Lumpur. Tentu hanya keajaiban yang membuat Kacong gagal memertahankan posisinya. Dia cukup bertahan di rombongan terdepan, posisinya masih aman dari kejaran Mehdi yang kini terlempar di posisi ke-8 GC.

“Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang membuat kami gagal memertahankan ini. Hari ini menempuh etape flat dan dipastikan tidak banyak tantangan. Tinggal kami mendorong Sergey (Sergey Kudentsov) kembali untuk bertarung di garis depan etape terakhir ini,” imbuhnya.

Pada dua tahapan sebelumnya, Sergey berhasil menempatkan diri di posisi ketiga. Sementara medan flat adalah materi yang dikuasai pebalap Polygon Sweet Nice asal Russia itu. “Kami ingin seluruh pebalap membantu Sergey merebut etape. Karena untuk merebut green jersey (klasemen poin waktu) sudah tidak ada harapan,” tandasnya.

No comments:

Post a Comment

Program

Program