30 January 2009

KPU Jatim Tetapkan Suara Karsa Lebih Tinggi dari Kaji

Iman D. Nugroho, Surabaya, Jawa Timur

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan jumlah suara pasangan calon gubernur Jawa Timur Soekarwo-Syaifullah Yusuf atau Karsa, lebih tinggi dari kandidat lain Khofifah Indarparawansa-Mudjiono, Jumat (30/1) ini. Karsa mendapatkan 7.660.861 suara, sementara Kaji mendapatkan 7.626.757 suara. "Keputusan ini adalah keputusan final," kata Wahyudi Purnomo, Ketua KPU Jawa Timur usai Rapat Pleno KPU Jatim di Hotel Equator, Surabaya Jumat ini. Hal itu berarti ada selisih 34.104 suara untuk Karsa atas Kaji.


Pengumuman resmi hasil pilkada Jawa Timur ini dilakukan setelah dilaksanakan proses pemilihan ulang pilgub Jatim di Kabupaten Sampang dan Bangkalan, serta penghitungan ulang di Kabupaten Pamekasan Madura seperti diperintahkan Mahkamah Konstitusi (MK). Rapat pleno di Hotel Equator itu digelar dalam penjagaan ketat oleh aparat Polisi Polda Jatim. Dalam pengamatan, polisi bersenjata lengkap berjaga di akses masuk menuju hotel, gerbang masuk hotel hingga di dalam ruang rapat.

Dalam pelaksanaan rapat paripurna ini pun sempat diwarnai dengan interupsi dari Saksi dari Kaji yang meminta KPU Jatim menjelaskan dengan rinci. Mulai data pemilih tetap, jumlah kertas suara dll. Meski hal itu adalah permintaan biasa, KPU Jatim melalui salah satu anggotanya Arief Budiman memilih untuk tidak mengabulkan permintaan itu dengan alasan data-data itu akan diberikan secara tertulis. Akhirnya pembacaan hasil final pilgub Jatim pun dilanjutkan hingga selesai.

Hasil Akhir:

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KAJI): 7.626.757 suara
Pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf (KARSA): 7.660.861 suara



No comments:

Post a Comment

Program

Program