06 November 2008

Bush Ingatkan Obama Untuk Waspada

Iman D. Nugroho, New York

Presiden AS George W. Bush mengingatkan Presiden terpilih Barack Obama untuk tetap waspada atas beberapa hal yang tidak akan berubah. Seperti tanggungjawab melindungi masyarakat AS. Bush meyakinkan, dunia luas akan mendukung dengan setia langkah AS untuk itu, di bawah kepemimpinan Barack Obama. "Pemerintah AS harus tetap waspada pada hal yang paling penting, melindungi masyarakat AS," kata George W. Bush, dalam siaran persnya Rabu pagi (waktu AS) ini.


Usai mengetahui berita kemenangan Barack Obama, Presiden AS George W. Bush langsung menelepon Obama dan mengucapkan selamat atas kemenangan yang oleh Bush disebut sebagai "kemenangan yang mengesankan". Tidak lupa, Bush juga menelepon Senator Mc Cain yang mengucapkan selamat atas proses kampanye panjang yang dilalui Mc Cain dan Sarah Pailin sebagai kandidat calon wakil presiden dalam pemilihan presiden 2008 ini.

Kepada rekan satu partainya itu, Bus mengatakan bahwa rakyat AS akan terus mengingat semua hal yang sudah dilakukan Mc Cain pada Amerika Serikat. "Saya tahu, Mc Cain akan berkontribusi terus untuk bangsa ini," katanya. Lebih lanjut, Bush mengatakan dirinya tidak perduli dengan hasil pemilu kemarin, yang pasti dirinya berbangga dengan sejarah yang diukir oleh rakyat AS dalam pemilihan presiden Selasa lalu.

Dalam perhelatan itu, kata Bush, rakyat Amerika menunjukkan kepada dunia bagaimana pentingnya demokrasi bagi AS. Demokrasi, kata Bush adalah langkah penting untuk membentuk sebuah persatuan negara. "Rakyat AS sudah memilih Presiden AS yang perjalannya adalah cerminan kesuksesan Amerika, seperti pekerja keras, optimis dan yakin pada bangsanya," kata Bush.

Padahal sebelumnya, banyak orang AS yang mengira mereka tidak akan pernah melihat hal seperti ini dalam kehidupannya. Momentum ini juga momen spesial untuk generasi yang menjadi saksi perjuangan akan hak-hak sipil. "Dalam tahun-tahun mendatang, mereka akan melihat bagaimana mimpi kita akan terwujud," kata Bush.

Untuk dirinya sendiri, Bush berjanji akan terus mengerjakan pekerjaan penting lain di sisa waktunya sebagai Presiden AS. Seperti mendorong pebisnis AS untuk tetap percaya pada pemerintahnya. Dalam masa transisi ini, Bush akan memberitahukan semua keputusan penting yang sudah dan akan diambilnya pada Presiden AS mendatang, Barack Obama. "Hingga bila saatnya tiba pada 20 Januari 2009 mendatang (saat Barrack Obama dan Joe Bidden dilantik), Saya dan Laura akan pulang ke Texas," kata Bush.

Dari Texas, kata Bush, dirinya akan menyaksikan Obama, Istrinya Michelle dan anak-anak perempuannya menggemparkan Gedung Putih. "Saya tahu, jutaan rakyat AS akan menyaksikan momentum ini dengan kebanggaan karena sudah menunggunya dalam waktu yang lama," kata Bush yang tidak lupa memuji ibu, kakek dan nenek Obama. "Saya dan Laura tidak sabar untuk menyambutnya di Gedung Putih secepat mungkin," kata Bush.

No comments:

Post a Comment

Program

Program