10 August 2008

Kapal Palangkaraya Tenggelam di Perairan Gresik, 27 ABK Terapung-apung

Iman D. Nugroho

Kapal KM. Palangkaraya pengangkut sembako jurusan Gresik-Pulau Bawean, Jawa Timur tenggelam di perairan Gresik, Sabtu-Minggu (9-10/08/08) dini hari sekitar pukul 23.00 sampai 01.00 WIB. Syahbandar Pelabuhan Gresik mengatakan sejumlah 27 anak buah kapal (ABK) termasuk Kapten kapal dikabarkan terapung-apung di laut. "Hingga saat ini, Syahbandar masih melakukan pencarian," kata Nursalim, Syahbandar Pelabuhan Gresik.


Menurut Nuralim, KM Palangkaraya berlayar dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean pada Sabtu sore ini. Namun, ketika sampai 25 mil menjelang PUlau Bawean, kapal bermuatan sembako dan bahan bangunan itu menghadapi gelombang laut ketinggian 5 meter. Saat itu, kapal yang memiliki ABK sejumlah 27 orang itu terombang ambing dan miring. Air laut yang masuk ke kapal membuat kapal itu oleng dan akhirnya miring.

Tenggelamnya KM. Palangkaraya dilaporkan pertama kali oleh KM Caraka Jaya Niaga 13 dan KM Caraka Jaya Niaga 17 yang berlayar dari Surabaya menuju Kalimantan. Melalui radio, kedua kapal itu mengabarkan telah menolong beberapa ABK KM Palangkaraya yang terombang-ambing. "Dua kapal itu membawa ABK yang berhasil diselamatkan menuju ke Pelabuhan Gresik, Minggu ini," kata NUrsalim.

Nursalim mengatakan, hingga Minggu sore ini, ada 24 ABK yang berhasil diselamatkan oleh kapal yang melintas di lokasi kecelakaan. Sementara tiga ABK lain, masih dikabarkan hilang. "Kabarnya sudah 24 orang selamat, dan tiga masih hilang, namun ini masih kita check kebenarannya," kata Nursalim. Syahbandar Pelabuhan Gresik masih terus melakukan pencarian, dan meminta kapal-kapal lain yang melintas di sekitar lokasi tenggelamnya kapal untuk ikut melakukan pencarian.

Tingginya ombak di perairan sekitar Jawa Timur minggu lalu juga menenggelamkan tiga kapal di perairan Jawa Timur. Sejumlah 4 orang tewas dalam kecelakaan itu.

No comments:

Post a Comment

Program

Program