06 February 2008

ITS Membuka Kuliah Gratis Untuk PNS

Program kuliah gratis kembali di buka di Surabaya. Setelah sebelumnya memberikan kesempatan kuliah gratis bagi warga Sukolilo, Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membuka program kuliah gratis. Kali ini untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Program beasiswa Pendidikan Profesional ini dibuka untuk program diploma III (D-3) dan diploma IV (D-4) Teknik Sipil FTSP-ITS. Koordinator Bidang II Program Diploma Teknik Sipil FTSP ITS, Menurut Machsus mengatakan, program ini ditujukan untuk membantu kekurangan tenaga di bidang konstruksi di kabupaten/kota di Indonesia. ’’Ini sudah jadi program tahunan kami,’’ katanya.

Machsus menyatakan program ini adalah hasil kerjasama dengan Pusat Pembinaan Teknologi Konstruksi (Pusbiktek) Departemen Pekerjaan Umum. Sasaran program ini adalah PNS di lingkungan kabupaten/kota se-Indonesia. Meski begitu, berdasarkan pengalaman sebelumnya kebanyakan peserta program ini masih didominasi wakil dari kabupaten dan kota di Jawa Timur. ’’Padahal kita tidak membatasi hanya untuk area Jatim saja,’’ lanjutnya.

Namun, Machsus tetap optimis keberadaaan otonomi daerah dapat menyerap peserta program ini lebih luas lagi. Karena permintaan dari daerah lain di luar Jatim cukup banyak. Persyaratannya pun relatif mudah. Untuk peserta program D-3 ditujukan bagi PNS yang telah mengantongi ijazah SMU/SMK. Sedangkan untuk program D-4 ditujukan untuk PNS yang berijazah Sarjana Muda/D-3.

"Hanya biasanya info ini tidak sampai kesana,’’ ujarnya. Seperti tahun sebelumnya, program kuliah gratis tahun anggaran 2008 ini hanya dibatasi untuk 20 orang PNS saja pada masing-masing jenjang pendidikan. ’’Pendaftaran sudah dimulai dibuka di ITS Kampus Manyar,’’tambahnya. Sedangkan proses seleksi direncanakan 15-16 April 2008. Pemberian beasiswa ini dilakukan secara penuh dari semester awal hingga lulus D-3 ataupun D-4 nanti.

No comments:

Post a Comment

Program

Program