11 February 2010

Festival Komik cergamboree 2010

Press Release

Komik bagi Prancis merupakan bagaian dari seni yang patut diperhitungkan. Selain berbagai festival yang diadakan di sejumlah kota di sana, terdapat Festival Angoulême, sebuah festival komik berskala internasional yang digelar tiap tahun. Untuk menularkan semangat festival tersebut kepada publik, para aktor dan pegiat komik di Indonesia, Surabaya khususnya, CCCL memasukkan “Cergamboree” sebagai agenda tahunan.

Dengan menggandeng peserta studio dan seniman komik dari Surabaya dan berbagai kota di Indonesia, dengan tamu seniman komik dari Prancis. Kesuksesan cergamboree di Surabaya pada tahun 2009, yang dikembangkan dari acara Comic Show Off! di tahun 2008, menunjukkan minat masyarakat Surabaya dan sekitarnya yang semakin meningkat terhadap komik buatan dalam negeri.

Pameran-Forum Komik “Cergamboree” ke-2 yang digelar pada 18 - 20 Februari 2010 di CCCL kembali bekerjasama dengan dengan perpustakaan C2O dan studio-studio independen dari Surabaya bersatu membentuk Comic Artists Society of Surabaya (CASS) untuk penyelenggaraannya.

Pada ajang ini, kami mengundang sejumlah seniman komik dan studio dari Surabaya dan berbagai kota, serta peserta tamu asal studio La boîte à Bulles Prancis, Clément Baloup, untuk berbagi pengalaman dan bertukar pendapat dengan seniman Indonesia dan publik Surabaya. Ia juga akan membuat catatan perjalanannya tentang Indonesia yang nantinya akan diterbitkan, seperti halnya Sylvain-Moizie, koleganya yang tahun lalu ikut pada ajang ini di Surabaya.


Salah satu tujuan “Cergamboree” adalah untuk memberi dukungan, agar komik buatan lokal/independan yang memiliki ciri khas masing-masing dan tak kalah dengan komik dari luar negeri, makin dikenal dan diterima oleh masyarakat negeri sendiri. Selain itu, kami ingin dapat membuka jaringan dan pertukaran wawasan antara Indonesia dengan Prancis melalui kehadiran tamu seniman asal Prancis tersebut.

Program “Cergamboree” antara lain: pameran, jumpa artis komik, workshop, peluncuran buku, talkshow, pemutaran film, permainan seputar komik. Semua kegiatan festival tidak dipungut biaya.


Program ‘Cergamboree’

Selasa, 16 Februari – Jurusan Diskomvis Universitas Ciputra
14.00-16.00 Roadshow/Workshop bersama Clément Baloup

Rabu, 17 Februari – CCCL
14.00 Jumpa pers “Cergamboree”

Kamis, 18 Februari - CCCL
14.00-16.00 Workshop Komik I bersama Clément Baloup
18.30 Pembukaan (pameran-forum) & diskusi/perkenalan peserta

Jumat, 19 Februari - CCCL
14.00-16.00 Workhop Komik II bersama Clément Baloup
18.00-20.00 Pemutaran film-film animasi (di antaranya: Grammar Suroboyo ep. 1, ep. 2, ep. 3 dan ep. 3.5
karya M. Sholikin (Gathotkaca Studio)

Sabtu, 20 Februari - CCCL
14.00 Reli Presentasi Komik bersama sejumlah studio/seniman peserta festival
17.00 Penutupan: Forum Komik “Keberagaman Komik di Indonesia dan di Prancis”

Selama festival berlangsung : Pameran karya, meet ‘n greet seniman komik, stand-stand peserta dll

No comments:

Post a Comment

Program

Program