28 March 2017

TUJUH HARI SETELAH BU PATMI PERGI

Sejumlah 26 aktivis mengecor kaki di depan Istana Merdeka, untuk mengenang Bu Patmi, salah satu petani Kendeng yang juga pengunjuk rasa penolak pabrik semen di Rembang Jawa Tengah. Bu Patmi meninggal dunia di sela-sela unjuk rasa mengecor kaki. Gerakan menolak pabrik semen di Pegunungan Kendeng membesar ke seluruh Indonesia. Hingga Minggu (26/03/17) aksi solidaritas Kendeng dilakukan di 35 lokasi. Sayangnya, belum nampak niat baik melalui pernyataan Presiden Jokowi.

Padahal, penolakan pabrik semen tidak hanya menyelamatkan pegunungan Kendeng, tapi menyelamatkan pulau Jawa. Bentang alam karst memiliki fungsi hidrologi yang mengontrol sistem ekologi di dalam kawasan. Permukaan bukit karst berperan sebagai penyimpan utama air.

Saat ini sudah ada 21 pabrik semen beroperasi di Jawa (Falah, 2016). Tambah pabrik semen, tambah buruk kualitas lingkungan di pulau Jawa. Ketua Tim Penyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), "Daerah Cekungan Air Tanah (CAT) Watuputih (area tambang PT. Semen Indonesia) tidak layak ditambang."

ID NUGROHO

No comments:

Post a Comment

Program

Program