20 April 2011

Melihat 'tanah' untuk Pemberdayaan

Kedutaan Besar Belanda di Jakarta memberikan dukungan untuk salah satu program Kelola, yaitu Teater untuk Pemberdayaan, yang mendorong kreatifitas masyarakat dalam menanggapi masalah sosial di lingkungannya.


Teater memiliki ruang luas untuk menampung ide-ide kreatif yang muncul sebagai upaya mengenali, memahami, menanggapi dan menemukan jalan keluar bagi permasalahan yang ada. Program ini dikembangkan atas kerjasama Kelola (Indonesia) dengan Theatre Embassy (Belanda).

Forum Teater dari Augusto Boal merupakan landasan utama rancangan program Teater untuk Pemberdayaan. Selain ini, ada juga metode interaktif lain yang dapat mendukung kelompok-kelompok seni dalam aktifitas Teater untuk Pemberdayaan mereka. Iman Soleh dan Komunitas Celah Celah Langit – Bandung memilih teknik interogasi dan partisipasi untuk dapat lebih memahami apa dan bagaimana persoalan tanah di Indonesia, khususnya Lembang. Lembang mengalami perubahan besar pada lanskap dan fungsi agrarisnya.

Melalui proses yang cukup panjang, dari survei, pengumpulan data, penyusunan naskah - berdasarkan masukan dari sekitar 25 orang warga Lembang yang bersinggungan langsung dengan peristiwa yang menimpa tanah mereka, hingga latihan. Oleh karenanya, TANAH, karya sutradara Iman Soleh – komunitas Celah Celah Langit (CCL) – Bandung, bukan hanya sekedar judul pertunjukan teater tetapi berangkat dari peristiwa aktual.

'Tanah; menggunakan bahasa, gerakan dan gambar secara teaterikal. Ode dalam TANAH merupakan paradoks, pujian berbentuk kritik, tidak hanya terhadap kasus tanah tetapi lebih jauh dari itu; bagaimana memuliakan tempat kita lahir. Pertunjukan TANAH akan digelar di alam terbuka, terbuka untuk umum, dan gratis. Minat? Berikut ini lokasinya:

Bandung, 22 – 23 April 2011, pukul 20.00 WIB
Komunitas CCL, Jl. Setia Budhi, Gg. Bapak Eni no. 8/169 A, Ledeng

Jakarta, 29 April 2011, pukul 20.00 WIB
Sanggar Baru, Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73

Jatiwangi, 7 Mei 2011, pukul 20.00 WIB
Jatiwangi Art Factory (JAF), Jl. Makmur 604, Jatisuro

Lembang, 14 Mei 2011, pukul 20.00 WIB
Lapangan Jl. Panorama, Desa Jayagiri

No comments:

Post a Comment

Program

Program