11 January 2011

Nggak sulit kok menulis lagu,..

Oleh: Sandy Priyanto

Mengaransemen dan menulis lagu yang membingungkan, sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa trik. Nah, Recording Club akan berbagi Song Writing Technique atau teknik menulis lagu. Penasaran?


Harus diingat, semua sistem tone membangun sebuah struktur yang hirarkis. Selalu ada satu tone saja atau "tonic" yang sangat stabil/tetap. Sedangkan tone lainnya memiliki hubungan erat atau menjadi bagian yang tak terpisahkan.

Kumpulan tone ini disebut dengan istilah "stable". Aplikasi dari sistem ini adalah pembentukan kord dasar, yang familier pula dengan istilah "triad". Meski secara struktur dapat dibolak-balik penempatannya, namun tetap saja hanya ada satu tone yang menjadi starter atau acuan dasar.

Ada tiga jenis tone "stable" yang kita kenal , yaitu 1 , 3 dan 5 (do, mi, sol). Dengan keterangan sebagai berikut : 1 (do) yang lebih dikenal sebagai starter, memiliki tingkat kestabilan lebih kuat dibandingkan 5 (sol). Sedangkan 5 (sol) mempunyai tingkat kestabilan yang lebih baik dibanding 3 (mi).

Unstable

Tone lainnya yang mempunyai jarak yang jauh dari tonic disebut sebagai "unstable", artinya adalah sebuah tone yang tidak mampu berdiri sendiri dan biasanya memiliki fungsi untuk membentuk nuansa.

Beberapa jenis tone "unstable" adalah 6 , 2 , 4 , 7 (la, re, fa, si). Perlu diingat pula bahwa tone major sclae seperti 4 (fa) dan 7 (si), memiliki jarak setengah langkah (half step) daripada diatonic tone lainnya.

Mengapa ada definisi tone "stable" seperti 1, 3, 5 (do, mi, sol) . Hal ini disebabkan karakter tone "unstable" memiliki kecenderungan untuk berubah secara langsung ke tone "stable" (atau pada hakekatnya mengandung unsur/energi melodic).

Karena itu, bila diamati lebih jauh maka, 2 (re) cenderung ke 1 (do) ; 4 (fa) cenderung ke 3 (mi) ; 6 (la) cenderung ke 5 (sol) ; untuk 7 (si) sedikit berbeda karena mengandung satu setengah langkah dari tonic. Hingga kecenderungannya berubah naik ke tonic. Ini merupakan contoh "natural" diatonic tone di dalam major.

Untuk semua tone kromatik berlaku "unstable" karena memiliki kecenderungan untuk berubah ke jarak terdekat dari tone diatonic | klik www.digitalmusic-univ.com

No comments:

Post a Comment

Program

Program