14 May 2010

Mobil pertama berplat Amerika-ku!

Maya Mandley, New Jersey

Hmmm,.. Sejak pertama menginjak AS, cita-cita ingin punya mobil sendiri seperti tak terhapuskan. Saat itu, Honda CRV seperti menjadi bayangan yang suatu saat harus teraih. The dream come true!

SUV itu selalu Aku jadikan patokan untuk 'menaklukkan' kerasnya hidup di negara yang sekarang dipimpin Barrcak Obama itu. Selama hampir tujuh tahun berada di Amerika, pada awal bulan Mei 2010, aku bisa membeli kendaraan sendiri. Yeeeee! Meski bukan Honda CRV seperti impianku, tapi mobil jenis SUV lain bermerk Oldsmobile Bravada keluaran General Motor.

Mobil keluaran tahun 1999 itu dibeli dari teman suamiku. Sebelum memberi cek seharga USD 2000 itu, suamiku melakukan cek mobil yang akan dibeli lewat situs resmi bernama CarFax. Ini penting untuk orang yang membeli tidak melalui dealer resmi. Plus, harus mengeluarkan USD 37 sebelum minta data kondisi mobil tersebut.

Undang-undang perlindungan konsumen meregulasi hal itu. Dari laporan Car Fax terlihat riwayat mobil tersebut. Siapa pemilik pertama, apakah pernah mengalami kecelakaan atau apakah sedang jadi jaminan bank. Bahkan Car Fax mengeluarkan jaminan seandainya laporan yang dikeluarkan itu tidak benar. Mereka akan mengganti sesuai dengan harga mobil.

Asuransi

Setelah cek diberikan kepada penjual, tahap berikutnya mendaftarkannya di asuransi. Tak peduli mobil baru atau bekas. Yang membedakan adalah claim asuransinya. Sepanjang pengetahuanku ada 2 macam, yaitu full coverage dan liability.

Full coverage artinya pihak asuransi akan mengganti semua kerugian, bila terjadi sesuatu. Sementara liability hanya pihak lain (bila terjadi kecelakaan) saja yang diganti. Besarnya asuransi terganjung jenis asusransi yang dipilih. Urusan asuransi pun selesai.

Tahap berikutnya melakukan registrasi atau mendapatkan STNK di kantor DMV (Divisions of Motor Vehicles), untuk mendapatkan plat nomor. Untuk tahap ini, surat-surat yang dibutuhkan adalah title atau BKKB (Bukti kepemilikan kendaraan bermotor) yang sudah ditanda tangani penjual untuk dialih namakan ke pemilik yang baru.

Kartu asuransi sementara, SIM calon pemilik mobil dan uang untuk membayar biaya-biayanya juga tidak bisa ditolak. Plus, pajak penjualan yang besarnya 7% untuk New Jersey, tempat tinggalku. Proses ini hanya makan waktu 1 jam, tergantung lamanya antrian. Tidak ada calo dalam proses ini!

Plat nomor

Soal plat nomor, bila membeli tidak lewat deales, maka plat nomor bisa langsung bisa didapat dan dipasang di mobil. Bila lewat dealer, butuh satu minggu untuk pengurusan plat nomor secara kolektif. Tapi deales diberi hak untuk mengeluarkan plat sementara yang biasanya dibuat dari kertas biasa dan ditempel di jendela belakang.

Uniknya, untuk mobil yang bukan mobil baru, DMV mengeluarkan semacam surat perintah agar mobil yang baru aku beli itu diinspeksi dalam waktu 14 hari, setelah plat dikeluarkan. Inspeksi bisa dilakukan di kantor DMV atau di bengkel swasta yang punya izin.

Dengan biaya USD 45-50/inspeksi akan keluar stiker khusus yang di tempel di sebelah kiri kaca depan mobil. Dalam stiker itu dijelaskan sampai kapan mobil itu harus di inspeksi lagi, yang biasanya 2 tahun kemudian. Finally, setelah 6,5 tahun di Amerika dan hanya jadi penumpang atau pelanggan mass transit, kembali punya mobil!

| republish | Please Send Email to: iddaily@yahoo.com |

No comments:

Post a Comment

Program

Program