13 May 2010

Inilah kota tertua di Belanda

Iman D. Nugroho, Nijmegen

MASA LALU. Dibangun enam tahun setelah Yesus dilahirkan.

Bagi banyak orang, Kota Amsterdam mungkin jauh lebih terkenal daripada Kota Nijmegen di Belanda. Tapi, tidak bagi sejarawan. Kota di pinggiran Belanda ini adalah kota tertua di Negeri Tulip. Dibuka enam tahun setelah kelahiran Yesus. Wow!

MASA KINI. Nijmegen 2010, dikenal sebagai kota pelajar.

Tahun 2010, kota yang berbatasan dengan Jerman ini berusia 2005 tahun. Sayangnya, bekas-bekas kejayaan masa lalu kota ini sudah tidak banyak terlihat. Perang Dunia pertama, yang ditandai dengan ekspansi besar-besaran Jerman ke beberapa negara di Eropa, membuat kota ini berantakan. Bom pesawat AS yang dihantamkan ke kota ini untuk mengusir Jerman, justru memporakporandakan bangunan di kota yang dijuluki sebagai Havana on the Waal itu.

Bangunan kuno yang tersisa itu, salah satunya Benteng Nijmegen yang dibangun di abad ke-14. Danau buatan yang dibangun di sekitarnya benteng, berpadu dengan taman kota, menjadikan bangunan di jantung kota Nijmehen ini semakin tampak kokoh. Begitu juga dengan Gereja Carolingian dan Gereja Stevem yang terletak tak jauh dari sungai Waal-Maas.

Belanda jelas bukan cuma Amsterdam!



| republish | Please Send Email to: iddaily@yahoo.com |

No comments:

Post a Comment

Program

Program