26 May 2010

Desakan meratifikasi konvensi internasional mendapat dukungan

Iman D. Nugroho

Desakan tiga LSM pada Pemerintah RI untuk segera meratifikasi Konvensi Internasional tentang perlindungan terhadap semua orang dari tindakan penghilangan secara paksa, didukung banyak pihak.

Setidaknya Anggota Komisi III DPR RI dan Menkum-HAM Patrialis Akbar mengatakan akan mendukung hal itu. "Sebaiknya DPR mendesak pemerintah untuk meratifikasi konvensi-konvensi yang berkaitan dengan HAM," kata anggota Komisi III DPR RI dari F-PDIP, Topane Gayus Lumbuun, Selasa (25/5), seperti dimuat Jurnalparlemen.com.

Tiga LSM itu adalah Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI), dan Ketua Kelompok Kerja PBB untuk .

Anggota DPR yang juga korban selamat penculikan di Era Orde Baru, Desmond Junaidi Mahesa menilai Indonesia perlu belajar dari apa yang terjadi di Afrika Selatan, tentang proses rekonsiliasi dilakukan.

Sementara Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengungkapkan, Pemerintah RI para prinsipnya akan setuju semua hal yang bertujuan membantu masyarakat. Termasuk bila akan merativikasi konsensi perlindungan terhadap semua orang dari tindakan penghilangan secara paksa.

photo by inlinethumb60.webshots.com

Silahkan menulis komentar | republish | Please Send Email to: iddaily@yahoo.com |

No comments:

Post a Comment

Program

Program