13 February 2010

Akreditasi Dubes Jerman Dr. Norbert Baas di ASEAN

Press Release

Pada hari Junat, 12 Februari 2010 Duta Besar Republik Federal Jerman Dr. Norbert Baas menyerahkan surat akreditasinya sebagai Duta Besar Republik Federal Jerman untuk ASEAN kepada Sekertaris Jenderal ASEAN, Dr. Surin Pitsuwan.

Sehubungan dengan penyerahan akreditasi tersebut Duta Besar Dr. Norbert Baas menekankan bahwa langkah tersebut sebagai tanda bahwa hubungan Jerman dan ASEAN sudah berlangsung lama dan erat, serta komitmen Jerman untuk memperkuat hubungan antara Uni Eropa dan ASEAN. Duta Besar menekankan bahwa kerja sama antara kedua wilayah – Eropa dan Asia Tenggara semakin mempunyai peranan yang strategis.

Hal itu sudah berlangsung sejak Jerman menjadi Presiden Dewan Uni Eropa, kedua wilayah pada tahun 2007 sepakat untuk memperdalam hubungan kedua wilayah. “Kesepakatan N├╝rnberg” merupakan landasan kesepakatan menteri luar negeri negara anggota UE dan ASEAN untuk memperdalam hubungan kemitraan.

Piagam ASEAN, yang tanggal 15 Desember 2008 mulai berlaku, memberi dorongan baru bagi kerjasama ASEAN khususnya dalam bidang politik dan keamanan maupun bidang kebudayaan dan kemasyarakatan. Piagam tersebut membentuk dasar bagi pengembangan negara-negara aggota ASEAN dan memberi badan hukum bagi ASEAN.

Jerman juga mendukung penguatan peranan institusi-institusi ASEAN. Untuk itu pemerintah Republik Federal Jerman membantu pengoptimalan Sekertariat ASEAN dalam hal “capacity building” sejak tahun 2008 dengan dana sekitar lima juta Euro untuk tahun 2008 – 2010.

No comments:

Post a Comment

Program

Program