26 January 2010

Ayo Kenali Komik Indonesia!

Press Release

Persoalan mandeknya perkembangan komik (cergam) Indonesia tidak terletak pada minimnya produksi atau kualitas komik lokal. Salah satu penyebab kemandekan tersebut adalah terbatasnya pengenalan dan pemasaran tokoh-tokoh komik lokal Indonesia kepada masyarakat.

Di beberapa tempat, kita bisa dengan mudah melihat tokoh komik dari luar negeri. Boneka mereka dijadikan bonus di beberapa restoran fastfood. Kaos dengan gambar Doraemon, atau Spiderman dapat dengan mudah kita temukan dimana-mana. Kegiatan-kegiatan terkait komik luar juga banyak diselenggarakan. Seperti baru-baru ini terdapat X-Men live action di Dufan, dan juga acara cosplay tokoh-tokoh komik asing di berbagai acara. Semua itu diminati karena masyarakat telah mengenal tokoh-tokoh komik luar negeri, khususnya Jepang dan Amerika.

Sedangkan tokoh-tokoh komik Indonesia, tidak banyak masyarakat yang mengenalnya. Tokoh-tokoh seperti Gundala, Si Buta dari Goa Hantu, dan kawan-kawannya sulit dicari batang hidungnya. Mengenal saja tidak, tentu sulit berharap mereka akan suka komik Indonesia.

Padahal sejak dulu Indonesia sesungguhnya terus memproduksi karya-karya komik yang berkualitas. Sayangnya, anak sekarang banyak yang tidak tahu Gundala, si Jampang, dan tidak banyak dari mereka tahu tentang tokoh komik terbaru seperti Jagoan Comic, atau Gibug dan Oncom.

Oleh karena itu, pengenalan komik Indonesia kepada publik perlu terus diupayakan. Kami berusaha mengakomodir kebutuhan tersebut. Kami bermaksud mengajak masyarakat untuk mengenal komik-komik Indonesia yang tenggelam diantara komik-komik asing. Agar masyarakat menyadari kebangkitan komik Indonesia!

Melanjutkan kesuksesan Pameran Cergam 2009 lalu, sekaligus menyambut perayaan Festival Komik Indonesia di bulan Februari nanti, dengan bangga kembali kami menyelenggarakan Pameran Cergam 2010: Komik Indonesia Bangkit II. Pameran kali ini diadakan di Museum Bank Mandiri pada tanggal 26-31 Januari 2010. Kali ini kami menampilkan lebih banyak materi pameran dibanding sebelumnya. Selain itu kami juga mengadakan diskon buku komik dan pemutaran film yang diangkat dari tokoh-tokoh komik seperti Gundala, Si Jampang, dll.

Pameran Cergam 2010: Komik Indonesia Bangkit II merupakan salah satu rangkaian acara menuju Festival Komik Indonesia yang akan diselenggarakan pada 22-28 Februari 2010 di Pasar Festival (Kuningan, Jakarta). Festival Komik Indonesia akan menjadi ajang perayaan komik dengan tema “Berani Ngomik!”. Dalam Festival ini kami mengajak masyarakat untuk berani berkarya melalui komik dan turut dalam barisan membangkitkan perkomikan Indonesia. Festival Komik Indonesia akan diramaikan dengan acara bursa dan pameran komik, talk show, lomba-lomba, temu penggemar dan book signing, peluncuran komik, putar film dan hiburan.

No comments:

Post a Comment

Program

Program