11 December 2009

Lelang gambar untuk pengobatan kartunis RA Kosasih

Press Release

Siti Gahara dan Gina, keduanya adalah tokoh pahlawan komik yang diciptakan dari dua tangan komikus Indonesia , yaitu R.A. Kosasih dan Gerdi WK. Kedua tokoh itu dipertemukan oleh Gerdi WK dalam lukisan teranyarnya ini. Siti Gahara dan Gina digambarkan sedang menghadapi serbuan dari tokoh-tokoh dalam komik luar seperti Doraemon, Spiderman, Superman, dll.

Secara simbolis, lukisan ini menggambarkan kondisi dunia komik Indonesia saat ini yang banyak ‘diserbu’ oleh komik-komik asing. “Jangan Menyerah!” pesan Gerdi WK dalam lukisannya ini. Komik-komik asing boleh saja datang dan berkembang di Indonesia , tapi komik Indonesia harus tetap bangkit!

“Pameran Cergam 2009” mengadakan acara lelang gambar karya Gerdi WK (komikus GINA) yang hasilnya akan disumbangkan untuk membantu pengobatan R.A Kosasih. Lelang dibuka secara online sejak kemarin melalui group facebook ‘Festival Komik Indonesia’ dan akan ditutup pada hari kamis pk 24.00, kemudian angka terakhir akan dibawa di acara lelang terbuka yang akan diadakan pada hari Jumat, 11 Desember 2009 pukul 19.00 – selesai di Perpustakaan Depdiknas.

Sebelum acara lelang, juga diadakan acara launching komik Gina berjudul ‘LAILA’ yang akan dimulai pk. 18.00 – 19.00 di tempat yang sama. Gina adalah tokoh komik Indonesia ciptaan Gerdi WK yang cantik dan memiliki kekuatan sakti. Komik Gina pertama kali muncul tahun 1972 dalam episode Gina vs Siluman Ular. Kini Gina hadir kembali dalam episode 'LAILA.'

Untuk pasang harga lelang, silahkan kunjungi link berikut ini melalui fecebook anda: http://www.facebook.com/photo.php?pid=2974458&o=all&op=1&view=all&subj=334398650430&aid=-1&id=587387091&oid=334398650430

Pameran Cergam itu sendiri berlangsung tanggal 1-12 Desember 2009 (senin-sabtu) di Perpustakaan Depdiknas. Selain memamerkan karya-karya komikus Indonesia , kami juga bersama CerGam Center akan mengadakan workshop Comic For Everyday untuk anak dan remaja (usia 9-18 tahun) di hari Sabtu (12/12).

Pameran Cergam merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Komik Indonesia yang akan diselenggarakan pada 26-28 Februari 2010 di Pasar Festival (Kuningan, Jakarta ). Festival Komik Indonesia akan menjadi ajang perayaan komik dengan tema “Berani Ngomik!”. Dalam Festival ini kami mengajak masyarakat untuk berani berkarya melalui komik dan turut dalam barisan membangkitkan perkomikan Indonesia . Festival Komik Indonesia akan diramaikan dengan acara bursa dan pameran komik, talk show, lomba-lomba, temu penggemar dan book signing, peluncuran komik, putar film dan hiburan.

No comments:

Post a Comment

Program

Program