18 November 2009

Tema Sederhana Penggarapan Luar Biasa

Iman D. Nugroho

Dibanding Ibunya, Tetty Liz atau sang kakak, Marcella Zalianty, Olivia Zalianty memang masih muda dalam dunia film. Apalagi, gadis kelahiran Jakarta, 18 Oktober 1981 ini memilih tidak "royal" menerima setiap tawaran main sinetron yang mengalir deras ke arahnya. Namun, siapa sangka, sosok yang melejit melalui film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ini diam-diam menyiapkan sesuatu yang besar. "Pertengahan tahun depan, film yang Aku sutradarai akan dirilis, semoga saja," katanya.

Perjalanan Olivia menapak dunia film memang pelan tapi pasti. Saat semua bintang muda sibuk mencari sensasi melalui hal-hal sensasional, Olivia justru aktif dalam Persatuan Artis Film Indonesia atau Parfi. Di situlah, Olivia menimba berbagai ilmu dari senior-seniornya. Termasuk menjadi Ketua Panitia dalam Iranian Film Festival 2009 yang digelar di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail Jakarta. "Ini saatnya Aku belajar bagaimana mengeksplorasi film karya sineas Iran yang terkenal syarat makna," kata Olivia.

Di mata Olivia, film-film karya sineas Iran memang luar biasa. Di tengah situasi politik yang tidak mendukung di Iran yang hanya membuka kran 15 persen untuk film Hollywood, namun tidak membuat sineas Negeri Mulah (negeri Para Ulama) itu kehilangan akal. "Mereka kuat dalalm hal tema dan pemaknaan sebuah tema," seloroh Olivia. Tema keseharian dan penuh makna ala sineas Iran itu mampu menutup kekurangan dalam hal teknis sinematografi. "Tapi, justru tema-tema sederhana itu yang membuat pesan yang terselip di film itu menjadi gampang diterima penonton," kata artis yang juga 'Duta Anti Narkoba' ini.

Olivia membayangkan, sineas Indonesia bisa membuat film yang lebih dari itu. Apalagi, atmosfir keterbukaan di Indonesia jauh lebih lebar. Namun, katanya, justru yang terjadi malah kebalikannya. Banyak sutradara Indonesia yang tergoda untuk membuat film berdana besar, namun tidak memperdulikan tema yang membumi. "Yang terjadi kemudian, tidak ada peningkatan kualitas film Indonesia, nah, saya pikir inilah saatnya kita belajar dari film-film dan menciptakan film bertema sederhana tapi digarap dengan luar biasa," katanya

***

No comments:

Post a Comment

Program

Program