10 November 2009

ITS Beri Apresiasi Alumni dan Kolega

Press Release

Acara puncak peringatan Dies Natalis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ditandai dengan Rapat Terbuka Senat di Grha 10 Nopember ITS, Selasa (10/11).
Dalam rapat terbuka senat tersebut, Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD menyampaikan laporan tahunan rektor kepada para undangan yang hadir baik dari kalangan sivitas akademika ITS maupun dari luar. Termasuk beberapa di antaranya alumni dan undangan khusus dari mancanegara.


Dalam laporannya, Probo memaparkan pencapaian ITS selama setahun. Sesuai program strategis rektor (PSR) 2007-2011, ada tiga sasaran utama dalam pengembangan ITS yaitu kontribusi nasional, reputasi internasional dan transformasi organisasi.
”Upaya tersebut diwujudkan melalui peningkatan untuk tiga bidang utama,” jelas rektor yang akrab disapa Probo ini.

Yakni, bidang mahasiswa dengan meningkatkan kualitas input dan output mahasiswa serta pemberdayaan melalui program penunjang seperti UKM (unit kegiatan mahasiswa). Untuk bidang dosen dan karyawan telah berhasil meningkatkan produktivitas intelektual output, sedangkan untuk bidang organisasi adalah peningkatan utilisasi asset dan digitalisasi pendataan serta pengembangan pusat bahasa asing.

Di acara tersebut juga diberikan sejumlah penghargaan untuk beberapa kategori sebagai bentuk apresiasi ITS pada mereka yang berjasa membantu kemajuan ITS. ”Ini merupakan bentuk apresiasi dan kebanggaan bagi kami bisa bekerja sama dengan para penerima award ini,” tutur Probo.

Yakni kategori International Award, Alumni Award dan Research Award. Penghargaan internasional diberikan kepada Prof Kenji Ishida dari Kobe University, Jepang dan Prof Liao Ching Jong mewakili Prof Chen Shi Shuen dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taiwan.

Sedang untuk kategori alumni diberikan kepada Ir Rukmi Hadihartini selaku direktur pengolahan PT Pertamina, Dr Ir Herman Widyananda SE Msi yang baru dilantik sebagai wakil ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI), Ir Muhammad Najib MSc selaku anggota DPR-RI, dan Ir Budi Indianto MBA selaku Deputi Operasi BP Migas.

Sementara untuk kategori research diberikan Ummi Laili Yuhana Skom MSc dan Hariyati Purwaningsih Ssi MSi sebagai peneliti perintis, serta Dr Ir Arief Widjaja Meng dan Suntoyo ST Meng PhD sebagai peneliti produktif.

ITS Kenalkan Sistem Cerdas Kendaraan Nir Awak

Acara puncak dies natalis ITS ini juga diisi dengan orasi ilmiah oleh Dr Subchan SSi MSc, yang mempresentasikan penemuannya dalam pengoperasian sistem cerdas kendaraan nir awak (tanpa awak). Penemuan ini telah memenangkan penghargaan MOD Grand Challenge United Kingdom 2008, yakni sebuah kompetisi teknologi alat pertahanan yang digelar Departemen Pertahanan Inggris.

Sistem ini terdiri dari pesawat udara nir awak yang terbang tinggi (PUNAT), pesawat udara nir awak mikro (PUNAM), robot nir awak (RNA) dan pusat kontrol. Sistem ini berfungsi untuk mendeteksi bahaya dalam pertempuran dari jarak jauh, sehingga meminimalisasi jatuhnya korban.

Sebelumnya, puncak Dies Natalis ITS ke-49 ini juga diperingati dengan upacara bendera, pagi harinya. Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di lapangan Perpustakaan ITS ini juga diberikan penghargaan untuk sivitas akademika ITS yang berprestasi dan juga jurusan-jurusan yang terbaik dalam pengelolaan manajemennya.

No comments:

Post a Comment

Program

Program