16 February 2009

ITS Loloskan 74 Proposal Karya PKM

Press Release

Tahun 2009 ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil meloloskan 74 proposal karya ilmiah mahasiswanya yang disetujui dan akan didanai oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Karya-karya yang bertarung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini nantinya ditujukan untuk bertanding pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXII.


Walaupun jumlah proposal yang disetujui lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2008, namun ITS tetap bangga dan optimistis dengan karya-karya mahasiswanya untuk berlaga di Pimnas nantinya. “Walaupun tahun ini kita mengalami penurunan jumlah peserta, namun kita yakin bisa memperoleh hasil terbaik lebih banyak pada Pimnas nanti. Hasil ini akan menjadi evalusi bagi kita semua,” ujar Prof Dr Suasmoro, Pembantu Rektor III ITS.

Suasmoro menambahkan bahwa justru seharusnya para mahasiswa bisa menunjukkan kelasnya, karena telah berhasil menjadi yang terpilih dari beberapa ratus mahasiswa yang telah mengajukan proposal penelitiannya.

Program yang merupakan ajang adu karya kreativitas mahasiswa se-Indonesia tersebut terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Yakni PKM bidang pengabdian Masyarakat (PKMM), bidang Teknologi (PKMT), bidang Penelitian (PKMP), dan bidang Keterampilan (PKMK).

Nantinya karya-karya yang telah didanai oleh Dikti ini akan divisitasi untuk seleksi lagi oleh panitia pusat. Bila dinyatakan lolos lagi, maka karya-karya tersebut berhak untuk bertarung di ajang Pimnas XXII.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh peserta tahun ini, karena ada beberapa perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Sistem penilaiannya menggunakan sistem monev (monitor dan evaluasi, red) yaitu sistem nilai pemantauan dan evaluasi yang dilakukan setiap bulan oleh ITS dan Dikti,” jelas Suasmoro.
Karena itu, lanjutnya, peserta harus memperhatikan secara cermat sistem penilaian yang diberikan oleh Dikti, sehingga bisa menyusun langkah-langkah yang akan dilakukan dengan baik.

Suasmoro juga menekankan pentingnya konsultasi ke dosen pembimbing dan mengimbau kepada para mahasiswa agar dekat dengan dosen pembimbing. Sehingga apa yang akan dikerjakan sesuai dengan tujuan yang ada di proposal.

Mantan Dekan FMIPA ITS ini memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang akan berjuang menuju Pimnas ini untuk selalu optimistis dengan karya yang akan dipersembahkan nanti. “Saya yakin bahwa mereka ini yang terbaik dari semuanya,” tandas Suasmoro meyakinkan.

No comments:

Post a Comment

Program

Program